Imbauan Kadep Kesehatan DPP Hidayatullah Hadapi Covid-19

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah menghimbau agar tetap selalu bertawakal kepada Allah SWT dan dalam menangkal penyakit Novel Coronavirus (COVID-19) dengan cara meningkatkan imunitas diri dan melakukan social distancing.

“Tetap tenang, tidak panik dan ceriakan hati dengan raja’ dan khauf kepada Allah SWT. Istiqomah dalam beribadah dan pengamalan Gerakan Nawafil Hidayatullah,” kata Ketua Departemen Kesehatan DPP Hidayatullah Drg. Fathul Adhim, M.KM sebagaimana dalam seberan imbaunnya, Senin (23/3/2020).

Dia mengimbau, adapun terkait dengan pelaksanaan shalat berjama’ah di masjid diharapkan mengikuti kebijakan daerah setempat.

Selain itu, dalam rangka kebugaran sebagai penangkal pandemik ini, Departemen Kesehatan DPP Hidayatullah mendorong untuk rutin minum madu tiap hari yaitu 2 sendok makan sebelum dan saat bangun tidur, minum 2-3 liter air putih perhari dan sebelum melakukan shalat lail minum 2-3 gelas (250 ml) air hangat.

Fathul menambahkan, yang tak kalah penting adalah rutin melakukan olahraga ringan minimal 15 menit per hari dan mengupayakan agar bisa makan dengan menu bergizi, 4 sehat 5 sempurna.

“Untuk memperkuat daya tahan tubuh, upayakan untuk mengkonsumsi minuman herbal yang berasal dari kunyit, jahe, temulawak hingga sambiloto. Mengkonsumsi Vitamin C dan E bila dianggap perlu,” imbuhnya.

Dia juga menyarankan agar istirahat, tidur yang cukup 6-8 jam sehari dan tidur tidak terlalu larut malam, senantiasa menjaga kebersihan diri, rumah dan lingkungan serta menambah frekuensi kegiatan mencuci tangan dengan sabun atau dengan hand sanitizer.

Departemen Kesehatan DPP Hidayatullah juga mengimbau melakukan isolasi (lockdown) lokal dengan tetap tinggal di rumah bagi seluruh keluarga hingga batas waktu yang ditetapkan pemerintah serta menjaga jarak (social distancing) dengan orang lain. Keluar rumah jika terpaksa ada keperluan yang sangat mendesak.

“Bila terserang batuk pilek lakukan kumur dengan segelas air dicampur cuka satu sendok makan dan lakukan isolasi diri serta jika kondisi semakin berat dan terlihat indikasi terserang virus Corona segera kontak pihak-pihak terkait penanganan,” pungkasnya.

Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua dan terhindar dari musibah penyakit virus corona yang mewabah saat ini. Aamiin.

DOWNLOAD IMBAUAN

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.