Silaturrahim untuk Tindaklanjut Sinergi Pembinaan di Lapas

TANGERANG (Hidayatullah.or.id) — Lembaga Islamic Medical Service (IMS) melakukan kunjungan silaturrahim ke Lapas Kelas IIA Pemuda Tangerang, Banten, dalam rangka melakukan tindak lanjut rencana kerjasama dalam pembinaan warga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), beberapa waktu lalu (30/06/2021).

Rombongan IMS yang turut dibersamai Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Provinsi Banten Ust Ahmad Maghfur disambut hangat oleh Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Kadek Anton Budiharta, SH, M.Si.

Direktur IMS Imran Faizin mengatakan pertemuan kali ini dimaksudkan untuk memenuhi permintaan lapas yang ada di Indonesia untuk sama-sama bersinergi dalam melakukan pembinaan terhadap warga lembaga pemasyarakatan.

“Adapun maksud silaturahmi kali ini selain untuk mempererat ukhuwah, juga sebagai langkah untuk menindaklanjuti hasil MoU beberapa waktu lalu di Kementerian Hukum dan Ham Lembaga Pemasyarakatan yang ada di Jakarta,” kata Imran.

Imran yang juga Ketua Departemen Kesehatan DPP Hidayatullah ini menambahkan, saat ini permintaan dari Lapas ke Lapas begitu tinggi untuk melakukan proses pembinaan dan sinergi kerja. “Sekarang kita mulai di Lapas Pemuda Tangerang,” imbuhnya.

Dalam pertemuan tersebut, Kadek Anton Budiharta, mengungkapkan pihaknya sepakat untuk bersinergi dalam melakukan pembinaan terhadap warga Lapas Pemuda Tangerang. Dia menyebutkan, jumlah warga lapasnya sebanyak 3.000 jiwa.

“Kami sangat bangga dan sangat senang bisa di kunjungi oleh IMS selaku mitra kerja dari Dirjenpas. Sebenarnya sudah ada pembinaan yang kami lakukan terhadap warga binaan, akan tetapi masih sangat kurang,” kata Kadek.

Lebih jauh Kadek berharap adanya kerjasama dengan IMS dapat membantu pihaknya dalam melakukan pembinaan terhadap 3000 warga binaan yang ada di Lapas kelas ll Pemuda Tangerang.

Adapun program yang akan di canangkan bersama Lapas Pemuda Tangerang dari hasil silaturahmi tersebut ialah program hapus tato, Training SLR Super Life Revolution, Training Bina Aqidah & Grand MBA (Belajar Ngaji) dan kegiatan pembinaan lainya.

“Semoga dengan sinergi pembinaan ini, warga Lapas semakin positif dan sekeluarnya dari sini di masa mendatang dapat hidup lebih baik lagi yang kebaikannya semakin dirasakan oleh siapapun, baik lingkungan, agama, bangsa dan negara,” kata Imran.*/Alamsyah Jilpi