Buka Posko dan Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Padarni

MANOKWARI (Hidayatullah.or.id) — Simpul sinergi Baitul Maal Hidayatullah & SAR Hidayatullah Papua Barat telah membuka posko darurat dan menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di kawasan Borobudur, Kelurahan Padarni, Kecamatan Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jum’at siang, 24 Safar 1443 (30/9/2021).

Seperti diwarta media, musibah kebakaran terjadi Kams siang (30/9/2021) jam 11.30 waktu setempat. Korban terdampak diperkiraan lebih dari 600KK. Sementara korban sekitar lebih 2000 orang data dari pengurus masjid setempat.

Saat ini pengungsi tersebar di beberapa titik ada sekitar 4 titik lokasi pengungsian. Simpul Hidayatullah seperti BMH dan SAR Hidayatullah sudah menyalurkan Bantuan berupa pakaian layak pakai dan sembako untuk para pengungsi di posko Masjid Jami’ Merdeka Manokwari yang berjumlah 164 orang.

Wasmanto Ketua BMH perwakilan Papua Barat menjelaskan, di posko paling banyak menampung ibu dan balita bahkan ada bayi baru berumur 3 hari.

“Alhamdulillah hari ini kami bersinergi bersama SAR Hidayatullah Papua Barat telah menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran. Bantuan ini berhasil kami himpun sejak semalam. Bantuan kami berikan kepada 164 jiwa yang saat ini mengungsi di lokasi Masjid Jami Merdeka Manokwari,” kata Wasmanto.

Wasmanto menambahkan, bantuan yang sangat dibutuhkan berupa kebutuhan konsumsi, pakaian sholat perlengkapan bayi, dan alat alat dapur.

Ihwan Arifin selaku koordinator SAR Hidayatullah Papua Barat mengatakan bahwa banyak korban tidak sempat menyelamatkan barang barang berharga mereka, bahkan hanya tinggal baju di badan saja.

Diketahui, si jago merah mengamuk di kawasan pemukuman pesisir laut tersebut. Selain rumah api juga membakar sebuah masjid dan beberapa perahu nelayan.*/Miftahuddin Ambal