Penguatan Spirit Hidayatullah Manokwari Tutup Bulan Syawal

MANOKWARI (Hidayatullah.or.id) — Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Manokwari, Papua Barat, menandai penghujung bulan Syawal 1442 Hijriyah dengan menggelar acara silaturrahim sekaligus kesempatan penguatan kapasitas kader, Kamis (10/6/2021).

Sebagaimana diketahui, kini kita sudah berada di akhir bulan Syawal yang jatuh pada hari Jumat, 11 Juni 2021.

Ketua Dewan Murabbi Wilayah (DMW) Hidayatullah Papua Barat, Ust Muhammad Sulton, dalam taushiahnya pada kesempatan tersebut mengingatkan bahwa kunci daripada kekuatan itu adalah karena adanya pertolongan Allah SWT.

Pertolongan itu, lanjut dia, hanya bisa hadir apabila kita sudah layak untuk dibantu. Oleh sebab itu, kita harus memantaskan dan melayakkan diri untuk dibantu Allh SWT.

“Siapa yang menolong agama Allah maka ia akan diteguhkan oleh Allah, namun kita harus terus memuhasabah diri apakah sudah benar telah berjuang menolong agama-Nya atau mengaku aku saja,” imbuhnya.

Dalam perjuangan dan pengabdian dakwah dalam rangka membela agama, salah satu kunci yang amat penting untuk mendatangkan bantuan-Nya adalah dengan menjaga soliditas dan persatuan.

Karena itu, lanjut Sulton, setiap juru dakwah bertugas tidak saja menyampaikan kabar gembira dari Allah dan memberi peringatan (basyiran wa nadziran) melainkan mereka juga harus menjadi juru damai yang mempersatukan, mempersaudarakan dan saling menguatkan.

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat,” kata Sulton yang menukil Al-qur’an surat Al-Hujurat ayat 10.

Dalam konteks ini, Sulton terutama mendorong penguatan dakwah pendidikan yang telah dicanangkan menjadi arus utama gerakan Hidayatullah.

“Tanggungjawab kita bersama dalam membangun pendidikan dan generasi Islam yang hebat,” kata Sulton.

Dia mengatakan, sinergitas sangat dituntut dari semua anggota agar semua bisa berjalan dengan bingkai jamaah.

Sulton menambahkan, pendidikan Hidayatullah yang mengusung jargon “Pendidikan Integral Berbasis Tauhid” mengintegrasikan antara nilai-nilai kependidikan nasional dan spirit Al-Qur’an dalam setiap materi yang diberikan kepada siswa serta mengaplikasikan dalam keseharian.

“Maka sangat optimis generasi Islam kedepan Insya Allah akan dahsyat. Tentunya, semua ini kita lakukan adalah untuk mengharap ridha Allah dan dinilai dengan amal sholeh. Ikhlas adalah kunci utama sebab ganjaran kerja kita akan dibalas oleh Allah dengan berlipat ganda,” imbuhnya.

Silaturrahim Syawal 1442 keluarga besar Hidayatullah Manokwari ini dilaksanakan di Kampus Madya Hidayatullah Manokwari, Jl. Trikora Kelurahan Anday, Kecamatan Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari.

Kegiatan silaturrahim ini sekaligus dirangkai dengan pembacaan surat tugas kepala sekolah di Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Manokwari oleh Ahmad Taufiq, sebagai ketua yayasan.

Kepala sekolah yang dilantik yakni Muhammad Rusdan sebagai kepala sekolah MI, Ahmad Arifuddin sebagai kepala sekolah MTs, dan Jajang Suryaman sebagai kepala sekolah MA.

Silaturrahim Syawal ini mengangkat tema “Eratkan Ukhuwah, Raih kesuksesan Dakwah & Tarbiyah” dengan penceramah Ust Muhammad Sulton selaku anggota DMW Hidayatullah Papua Barat.*/Miftahuddin