AdvertisementAdvertisement

Tebarlah Salam, Jalin Silaturrahim, Berikan Makan, dan Hidupkan Tahajjud

Content Partner

SEMARANG (Hidayatullah.or.id) — Anggota Dewan Murobbi Wilayah (DMW) Hidayatullah Jawa Tengah, Ust. H. Ahmad Suwarno, mengingatkan untuk selalu menegakkan 4 kultur Hidayatullah yaitu menebar salam, bersilaturrahim, memberi makan pada yang membutuhkan dan senantiasa menghidupkan malam malam dengan ibadah tahajjud.

Pesan ini diingatkan Ahmad Suwarno seraya mengutip hadits Rasulullah Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasalllam yang telah mewasiatkan kultur tersebut sebagaimana hadis sahih yang diiriwayatkan oleh Ibnu Maajah:

عن عبد الله بن سلام رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: «يَا أَيُّهَا النَّاسُ، أَفْشُوا السَّلَامَ وَصِلُوا الْأَرْحَامَ، وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ، وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ، تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ».
[صحيح] – [رواه الترمذي وابن ماجه وأحمد والدارمي]

“Dari Abdullah bin Salaam -raḍiyallaahu ‘anhu-, dia berkata, Aku mendengar Rasulullah -ṣallallaahu ‘alaihi wa sallam- bersabda, “Wahai manusia! Sebarkanlah salam, sambunglah silaturrahim, berilah makanan, dan salatlah ketika orang-orang tidur, kalian pasti masuk surga dengan selamat”

Kata Suwarno, kultur Islami tersebut memuat nilai utama ajaran Islam sehingga Islam benar benar menjadi berkah bagi kehidupan semeseta ini.

“Kultur tersebut harus dijaga agar kita termasuk dalam kriteria orang yang diberikan karunia Allah dimasukkan ke dalam surga-Nya,” katanya dalam keterangan disela Halal Bihalal DPW Hidayatullah Jawa Tengah di Lesehan & Pemancingan Baron, Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Tambakharjo, Semarang, belum lama ini, 25 Syawwal 1444 (16/5/2023).

Memberi salam, misalnya, ia mencontohkan ia tak semata ucapan lisan belaka tetapi juga betul betul menjelma menjadi sikap dan gerakan dakwah yang menghadirkan keselamatan, persatuan, keindahan akhlak, kepeduliaan, dan cinta.

Demikian pula dalam memaknai silaturrahim, memberi makan, dan ibadah ditengah malam. Kehadiran Hidayatullah, terang dia, sejatinya adalah untuk mengaktualisasi perintah tersebut dan meluaskannya sehingga setiap penduduk semesta dapat merasakan kenikmatan Islam.

“Mari kita benar benar tegakkan, bukan sekedar menyatakan,” tandasnya menegaskan.

Apresiasi Kinerja

Mengakhiri moment di bulan Syawwal 1444 H ini, DPW Hidayatullah Jawa Tengah menyelenggarakan Halal bi halal Forum Ketua DPD, Orpen, Amal Usaha, dan Badan Usaha Wilayah Hidayatullah Jawa tengah.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kota Semarang sebagai Ibu Kota Provinsi di Jawa Tengah, tepatnya di Lesehan Pemancingan Baron, yang diikuti oleh seluruh Ketua DPD dan Ketua Yayasan Pesantren Hidayatullah se-Jawa Tengah serta Ketua-ketua Amal Usaha & Badan Usaha tingkat wilayah.

Dalam sambutannya, Ketua DPW Hidayatullah Jawa Tengah, Ust. Akhmad Ali Subur memberi apresiasi kepada para pengurus DPD dan yayasan atas kinerjanya selama ini.

Akhmad mendorong semua DPD, yayasan, amal, badan, dan organisasi pendukung yang ada bisa terus semakin meningkatkan kinerja. “Minimal bisa berkompetisi dengan daerah-daerah di wilayah lain di pulau Jawa ini yang sudah cukup eksis,” katanya.

Kedepan, Akhmad berharap, forum-forum organisasi seperti ini bisa semakin diintensifkan dan ditingkatkan kwalitasnya dengan memberikan tambahan bobot materi upgrading bagi para ketua ketua DPD dan yayasan di Jawa Tengah.*/Yusran Yauma

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Sosialisasi PDO dan PO, Hidayatullah Bali Komitmen Kuatkan Jamsoskad Perlindungan Janda Kader

DENPASAR (Hidayatullah.or.id) -- Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Provinsi Bali menggelar sosialisasi pemantapan pemahaman terhadap Pedoman Dasar Organisasi (PDO)...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img