Bidang Pendidikan

Beberapa program bidang pendidikan DPP Hidayatullah adalah sebagai berikut:

  1. Mendirikan dan mengelola Sekolah Integral Hidayatullah
    Saat ini Hidayatullah telah memiliki 313 sekolah integral yang tersebar di seluruh propinsi di Indonesia dengan beberapa tingkatan: Play Group-TK (dikoordinasikan oleh Muslimat Hidayatullah), Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.
    Sekolah-sekolah integral Hidayatullah ini ada yang berasrama, ada pula yang tidak. Siswa putra dan putri terpisah. Mereka diajarkan untuk taat kepada Allah Ta’ala, beradab, dan mandiri. Mereka juga diajarkan untuk berbicara menggunakan tiga bahasa (Indonesia, Arab, dan Inggris).
  2. Mendirikan dan mengelola pesantren
    Saat ini Hidayatullah telah memiliki lebih dari 600 pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Para santri di pesantren-pesantren Hidayatullah ini dididik untuk mencintai al-Qur’an dan memiliki adab Islami.
  3. Mendirikan dan mengelola perguruan tinggi ikatan dinas.
    Saat ini Hidayatullah telah memiliki 5 perguruan tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) di Balikpapan (Kalimantan Timur), Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman alHakim (STAIL) di Surabaya (Jawa Timur), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Hidayatullah di Jakarta, Sekolah Tinggi Teknologi STIKMA di Malang (Jawa Timur), Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) di Batam (Kepulauan Riau), dan Institut Agama Islam Abdullah Said (IAIAS) di Batam. Para lulusannya diwajibkan melakukan tugas dakwah di lokasi yang ditentukan dan dapat disebar ke mana saja, termasuk ke luar negeri