AdvertisementAdvertisement

YPI Ar Rohmah Malang Jelajahi Jejak Hikmah Sejarah Firaun di Mesir

Content Partner

KAIRO (Hidayatullah.or.id) – Diiringi rasa takjub dan semangat belajar, 52 santri Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Ar Rohmah Putri Group (Artri) Hidayatullah Malang, baru saja menyelesaikan perjalanan inspiratif mereka ke National Museum of Egyptian Civilization di Kairo, Mesir, waktu lokal, Kamis, 12 Sya’ban 1445 (22/2/2024)

Bertajuk “Jelajah Sejarah Fir’aun”, rihlah ini membawa para santri menapaki jejak peradaban Mesir kuno, menyelami kisah-kisah Fir’aun yang melegenda, dan menggali hikmah dari sejarah kesombongan raja Ramses II ini yang terukir di museum megah tersebut.

“Kegiatan ini bukan sekadar wisata biasa, tapi sebuah pembelajaran sejarah yang dikemas dalam rihlah edukatif,” ungkap Pj Koordinator Tamasya Artri, Marzan Safruddin, S.Pd.I, M.Pd.

“Dengan langsung melihat artefak dan bukti sejarah, para santri diajak untuk memahami keagungan Islam dan kebenaran firman Allah SWT dalam Al-Qur’an.”

Salah satu momen paling berkesan bagi para santri adalah saat mereka melihat langsung jasad Fir’aun (Raja Ramses II) yang diawetkan dengan apik di museum.

Diiringi penjelasan Syeikh Abdullah, imam yang juga penutur sejarah dalam wisata ini, para santri terpaku melihat bukti nyata kejayaan dan kesombongan Fir’aun di masa lampau.

“Alhamdulillah bahagia sekali bisa langsung melihat jasad Fir’aun yang masih utuh,” ungkap Ananda Mayiza, salah satu santri kelas VIII, dengan penuh semangat.

“Pengalaman ini tak terlupakan dan menambah keyakinanku akan kebesaran Allah SWT,” lanjut Mayiza.

Menyelami Hikmah dan Memperkuat Iman

Lebih dari sekadar wisata sejarah, Jelajah Sejarah Fir’aun ini bertujuan untuk memperkuat iman dan ketaqwaan para santri. Dengan melihat langsung bukti-bukti sejarah, mereka diajak untuk merenungkan kisah Fir’aun dan mengambil pelajaran dari kesombongannya yang berujung pada kehancuran.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para santri kepada Allah SWT,” ujar Marzan.

Marzan mengatakan, mereka belajar bahwa kesombongan adalah sifat tercela yang dapat membawa kehancuran, dan bahwa hanya Allah SWT yang Maha Kuasa dan Maha Perkasa.

Jelajah Sejarah Fir’aun menjadi salah satu upaya YPI Ar Rohmah Putri Group dalam membentuk generasi Qur’ani yang berwawasan luas dan beriman kuat.

Dengan memadukan pendidikan formal dan pengalaman edukatif di luar kelas, Artri berkomitmen untuk melahirkan generasi muda yang cerdas, berakhlak mulia, dan siap menjadi pemimpin masa depan.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Artri untuk memberikan pendidikan terbaik bagi para santri,” tutur Marzan.

“Kami ingin mereka menjadi generasi Qur’ani yang tidak hanya hafal Al-Qur’an, tapi juga memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan.”

Pesan Inspiratif untuk Generasi Muda

Perjalanan Jelajah Sejarah Fir’aun menjadi pengalaman tak terlupakan bagi para santri Artri. Diiringi rasa kagum dan takjub, mereka belajar tentang sejarah peradaban Mesir kuno, memahami hikmah dari kisah Fir’aun, dan memperkuat iman mereka kepada Allah SWT.

Kisah inspiratif para santri Artri ini menjadi contoh nyata bagaimana pendidikan Islam dapat dikemas dengan menarik dan edukatif. Dengan menapaki jejak sejarah dan menggali hikmah dari masa lampau, generasi muda Islam diharapkan dapat tumbuh menjadi pribadi yang beriman kuat, berwawasan luas, dan siap membangun peradaban yang gemilang.*/Jorda Putra Istiawan

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Pemuda Hidayatullah Masuki Usia 24 Tahun, Teguhkan Relevansi Gerakan Ditengah Tantangan Zaman

KUALA LUMPUR (Hidayatullah.or.id) -- Pemuda Hidayatullah tengah memperingati hari jadinya yang kini berusia 24 tahun yang berdiri pada tanggal...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img