AdvertisementAdvertisement

‘Matan’ Hidayatullah Jambi dalam Kuatkan Fullday School Pendidikan Dasar

Content Partner

JAMBI (Hidayatullah.or.id) — Sebagai lembaga pendidikan Islam yang menerapkan sistem Fullday School atau sekolah sehari penuh untuk Sekolah Dasar (SD), Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Jambi selalu berupaya meningkatkan kualitas dan mutunya guna melahirkan output yang mumpuni sebagai sumber daya muslim yang memiliki daya saing, terutama dengan bekal iman, ilmu, dan tradisi amal yang dimilikinya.

Salah satu ikhtiar tersebut adalah dengan rutin menggelar kegiatan yang mendorong kreatifitas dan merangsang kepekaan relijuisitas peserta didik. Kali ini kegiatan tersebut bertajuk “Malam Taszkiyatun Nafs” atau, disingkat Matan.

Kegiatan dikemas dalam bentuk perkemahan di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah, Jalan Lintas Sumatra, Bukit Baling, Sangeti, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi, pada Jum’at dan Sabtu, 12-13 Sya’ban 1445 (22-23/2/2024).

Kepala SD Integral Hidayatullah Jambi, Ustazah Gina Fernandez S.Pd, mengatakan agenda ini bagian dari upaya penguatan sistem full day school yang memungkinkan eksplorasi lebih dalam terhadap mata pelajaran akademik, termasuk kemungkinan menawarkan program pengayaan tambahan atau kelas perbaikan.

“Harapannya, dari kegiatan seperti Matan ini sebagai kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan pengembangan holistik bagi siswa. Melalui kegiatan perkemahan yang dibarengi mabit, tidak saja merangsang spiritualitas anak tetapi juga terdapat potensi peningkatan disiplin dan lingkungan yang lebih terstruktur bagi siswa,” imbuhnya.

Kegiatan Matan ini, jelas Gina, bertujuan untuk membentuk akhlak Islami dan jiwa leadership pada peserta didik sebagai salah satu upaya dalam membangun generasi penerus bangsa yang berkarakter dan bermoral.

Dalam pendidikan Islam full day school Hidayatullah Jambi, siswa mendapatkan kesempatan untuk mendalami ilmu agama Islam secara menyeluruh. Mereka belajar tentang ajaran Islam, nilai-nilai moral, serta praktik ibadah secara intensif.

Dengan demikian, siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang agama mereka sambil juga mendapatkan pendidikan umum yang seimbang.

Disamping itu dengan menekankan pengembangan akhlak mulia dan etika Islam dalam kehidupan sehari-hari, hal ini diharapkan akan mengantar peserta didik menjadi individu yang bertanggung jawab, jujur, dan berempati, yang merupakan nilai-nilai penting dalam Islam.

Melalui kegiatan eksrakurikuler yang ada di SD Integral Hidayatullah Jambi, Gina berharap, hal ini akan menumbuhkan kesadaran sosial dan kemanusiaan dengan mengajarkan murid untuk peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar.

“Semoga dengan ikhtiar ini yang terus kita tingkatkan ini akan membantu murid untuk menjadi individu yang beriman, berakhlak mulia, dan berkompeten dalam berbagai aspek kehidupan dengan mengembangkan kapasitas dan potensinya secara menyeluruh, baik dari segi akademik maupun keagamaan serta karakter dan kepribadian yang Islami,” tandasnya.

Adapun rangkaian kegiatan Matan ini ada lomba pionering, game, tausyiah. api unggun, dan hiking/jalan sehat. Kegiatan Matan SD Integral Hidayatullah Jambi ini berlangsung seru yang diikuti antusias oleh para murid.

Ketua Panitia, Ustadzah Dhiyaul Mutmainah S.Pd, menyampaikan terimakasih kepada semua pihak khususnya para wali murid yang telah turut mensukseskan kegiatan ini. (malik/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Spirit Halal Bihalal dan Menetapi Ketakwaan Kita

ATAS gagasan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdul Wahab Chasbullah yang merespon dinamika politik yang muram pada masa itu,...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img