spot_img

Perpustakaan Baitul Hikmah Ar Rohmah Putri Terbaik III Klaster II Nasional

Content Partner

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) – Capaian prestasi membanggakan kembali diraih oleh SMAS Ar Rohmah Putri Hidayatullah Internatioal Islamic Boarding School (IIBS) Malang dalam ajang Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perpustakaan Pergutuan Tinggi Tahun 2023 yang diumumkan pada Grand Final Lomba, di Jakarta, Jum’at, 29 Shafar 1445 (15/9/2023).

SMAS Ar-Rohmah Putri menjadi perwakilan dari Jawa Timur dan sekolah berbasis swasta satu satunya pada ajang nasional yang digelar Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Pespusnas RI) ini.

Bersaing dengan puluhan sekolah terbaik se-Indonesia, Perpustakaan Baitul Hikmah SMAS Ar Rohmah Hidayatullah Internatioal Islamic Boarding School berhasil meraih Juara III pada Klaster II dalam kompetisi Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tahun 2023 ini.

Kepala Sekolah SMA Ar-Rohmah Putri, Widi Rahayu, mengatakan bahwa pengelolaan perpustakaan di sekolahnya didesain sesuai dengan selera santri zaman now.

“Kemenangan yang diraih Perpustakaan Baitul Hikmah adalah hasil dari perjuangan panjang dan kerja sama semua pihak,” katanya seperti dilansir laman resmi Ar Rohmah.

Widi menjelaskan, perpustakaan Perpustakaan Baitul Hikmah SMAS Ar Rohmah memiliki tim kreatif yang selalu mengupdate penataan buku dan interior ruangan secara berkala.

“Hal ini membuat siswa merasa termotivasi untuk datang ke perpustakaan dan pengunjung betah berlama-lama di sana,” tambahnya.

Selain itu, perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang mencapai ribuan, yang tertata dengan sangat baik. Sehingga, terangnya, ini menciptakan suasana seperti berada di kafe, dengan tambahan ruang presentasi/ multimedia, ruang pameran handycraft santri, dan ruang penyimpanan karya tulis siswa dan guru.

Prestasi SMA Ar-Rohmah Putri adalah inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya untuk terus memajukan perpustakaan dan memperkuat peran penting perpustakaan dalam mendorong minat membaca dan transfer ilmu pengetahuan terkhusus di lingkungan pesantren.

Wujudkan Perpustakaan Inovatif

Bertempat di Grand Royal Kuningan, Jakarta, Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023 ini diawali dengan laporan kegiatan dari Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi, Nurcahyono.

Dalam sambutannya, Nurcahyono menyampaikan kegiatan perlombaahn ini sebagai upaya mewujudkan profil perpustakaan sekolah/ madrasah Rujukan Tingkat Nasional yang kreatif, inovatif dan adaptif terhadap perubahan serta mampu bertranformasi secara utuh dalam mendukung program pembelajaran yang membentuk profil pelajar Pancasila dan kewirausahaan.

Dan untuk, terang dia, perpustakaan SMA/SMK/MA dan perguruan tinggi diharapkan mampu bertransformasi secara utuh menjadi perpustakaan berbasis teknologi tepat guna dalam rangka menunjang pelaksanaan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka di perguruan tinggi.

“Karena nantinya juara dari Lomba perpustakaan sekolah dan lomba best practice ini akan menjadi perpustakaan rujukan nasional dan Perpustakaan rujukan layanan di tingkat nasional,” katanya seperti dilansir laman Perpusnas.

Selanjutnya, acara dibuka oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando. Ia menyatakan kita membutuhkan lomba perpustakaan karena di Indonesia ini kita masih kurang sadar akan pentingnya membaca.

Menurutnya, saat ini paradigma perpustakaan berubah di mana sebesar 10 persen pengelolaan perpustakaan untuk manajemen koleksi, sebesar 20 persen untuk manajemen ilmu pengetahuan, dan 70 persen untuk transfer ilmu pengetahuan.

Sehingga, dia berharap, pustakawan harus mampu untuk menjelaskan ilmu pengetahuan yang sudah usang dan juga harus mampu untuk menjelaskan ilmu pengetahuan yang baru kepada Masyarakat.

Acara grand final lomba ini dihadiri oleh 17 nominasi peserta lomba perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan 10 besar nominasi dari peserta Lomba Best Practice Perguruan Tinggi Tahun 2023.

Pembukaan Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023 dilaksanakan secara hybrid, yaitu dari Hotel Grand Royal Kuningan, Jakarta dan juga melalui live streaming Youtube P3SMPT.*/ (ybh/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Zakat Cerdaskan Kehidupan Bangsa dan Kiprah Pengembangan Masyarakat Pesisir

BELUM lama ini, tepatnya 30 November 2023, Laznas BMH menerima anugerah sebagai “Filantropi Indonesia dengan Pengembangan Masyarakat Pesisir” dalam...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img