AdvertisementAdvertisement

Tegas Tolak Timnas Israel, Pemuda Hidayatullah Minta Teladani Sikap Bung Karno

Content Partner

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Pemuda Hidayatullah menolak kedatangan timnas Israel dan berharap pemerintah maupun PSSI mengindahkan suara penolakan masyarakat dunia terhadap kedatangan timnas Israel sebagai salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023 yang merupakan edisi ke-23 turnamen Piala Dunia U-20 FIFA.

“Dengan diloloskannya timnas Israel, ini sama halnya menyakiti perasaan umat Islam di seluruh Indonesia dan dunia, khususnya bangsa Palestina yang saat ini sedang di jajah oleh Israel,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pemuda Hidayatullah Rasfiuddin Sabaruddin dalam keterangannya diterima di Jakarta, Selasa, 22 Sya’ban 1444 (14/3/2023).

Menurut Rasfiuddin, menerima Israel pada turnamen ini yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang ini sama saja mendukung penjajahah. Hal itu juga bertentangan dengan amanat UUD 45 yang dengan tegas menolak segala bentuk penjajahan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Pihaknya juga mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia, untuk sama-sama menolak kehadiran Timnas U-20 Israel ke bumi Pertiwi, Indonesia sebagai salah satu peserta Piala Dunia U-20 ini.

Dia menegaskan, pemerintah begitupun PSSI sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 hendaknya meneladani sikap tegas Bung Karno yang melarang Timnas Indonesia bertanding melawan Israel pada Kualifikasi Piala Dunia 1958, serta tidak mengundang Timnas Israel pada Asian Games 1962 di Jakarta.

“Sikap pendiri bangsa tersebut senafas dengan Makna Pembukaan UUD 1945 Alinea Pertama dan menegaskan posisi Indonesia yang mendukung kemerdekaan bagi Palestina,” tandasnya.*/Yacong B. Halike

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img