AdvertisementAdvertisement

Bangun Sumur Bor Pertama di Berastagi Tahun 2022

Content Partner

KARO (Hidayatullah.or.id) — Sejak awal pekan ini para donatur bersama BMH memulai kembali pengeboran sumur di Lingkungan 1 Desa Gundaling Kecamatan Berastagi Kabupaten Tanah Karo. Tepatnya, di lokasi tanah wakaf Pesantren Tahfidz Alpurbanta Hidayatullah Karo.

Pengeboran sumur ini dilakukan lantaran santri dan warga kerap mengeluh minimnya air yang dapat di gunakan untuk bersuci, mandi dan konsumsi, karena hanya mengandalkan air hujan.

Ponpes Alpurbanta Hidayatullah merupakan pesantren penghafal Al-Qur’an yang khusus membina santri putri, meski ditengah kondisi yang belum menentu akibat varian covid-19, pengurus dan pengasuh terus berjuang melengkapi berbagai sarana dan fasilitas untuk kebutuhan santrinya.

“Selama ini hanya mengandalkan air hujan dan bila habis kami harus membeli air. Perhari dibutuhkan air sekitar 1 ton air untuk 27 santri,” cerita Ust Habibullah Lubis, dai yang bertugas di sana.

Desa Gundaling yang berada 1.400 meter di atas permukaan laut tentu sangat kesulitan air, terutama saat kemarau.

“Sehingga, satu-satunya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan air bersih adalah dengan membangun sumur bor dengan kedalaman yang cukup,” terang Lukman dari Tim BMH Sumut, Selasa (11/1/2021)

Sumur yang membutuhkan biaya sekitar 60 jutaan ini ditarget bisa mencapai kedalaman 150 meter. Insya Allah tidak hanya digunakan untuk keperluan santri di pondok, tapi juga kebutuhan warga sekitar.

“Melalui sumur ini, semoga Allah Subhana wata’ala membalas donatur dan semua pihak yang terlibat dengan pahala jariyah, mengalirkan berkah sebagaimana mengalirnya air tersebut,” ujar Lukman.

Lukman mengatakan, pembangunan sumur bor ini menjadi ikhtiar utama dalam menyediakan air bersih untuk santri, pengasuh, pengurus pesantren dan masyarakat sekitar.

Dia menambahkan, masih ada kesempatan bagi masyarakat yang ingin titip donasi untuk pembangunan Sumur ini. Ini menjadi Sumur bor perdana di tahun 2022 yang dibangun BMH Sumut.*/Herim

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Rapimnas SAR Hidayatullah Kukuhkan Jatidiri sebagai Potensi Pencarian dan Pertolongan Nasional

BULUKUMBA (Hidayatullah.or.id) -- Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Search and Rescue (SAR) Hidayatullah 2024 digelar di Bulukumba, Sulawesi Selatan, 20-22...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img