AdvertisementAdvertisement

Hidayatullah Jambi Peserta Diklat Kompetensi Dindikbud Pemkab Jambi

Content Partner

MUARO JAMBI (Hidayatullah.or.id) — Kepala Sekolah Dasar (SD) Integral Hidayatullah Muaro Jambi, Kabupaten Jambi, Ustazah Gina Fernandez S.Pd, menjadi peserta Pendidikan dan Latihan (Diklat) Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Dasar yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pemerintah Kabupaten Jambi, selama 3 hari yang dimulai pada Rabu, 25 Sya’ban 1445 (6/3/2024).

Acara pembukaan program ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, Firdaus, S.Ag, M.M.

Kepala sekolah merupakan sosok vital dalam kemajuan dunia pendidikan. Mereka tak hanya dituntut memiliki pengetahuan yang luas, namun juga kemampuan kepemimpinan dan manajemen yang handal untuk membawa sekolah ke arah yang lebih baik.

Memahami kebutuhan tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi pun menyelenggarakan Diklat Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah selama 3 hari intensif.

Diklat yang berlangsung pada Rabu, 6 Maret hingga Jum’at, 8 Maret 2024 tersebut bertempat di Hotel Ratu Kota Jambi. Diikuti oleh seluruh kepala sekolah se-Kabupaten Muaro Jambi.

Dalam sambutannya, Firdaus menekankan pentingnya peningkatan kompetensi para kepala sekolah. “Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan memiliki peran sentral dalam mewujudkan visi dan misi sekolah,” ujarnya.

“Melalui diklat ini, diharapkan para kepala sekolah dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan terbaru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Muaro Jambi,” katanya.

Fokus Diklat

Firdaus menjelaskan, pelatihan ini dirancang secara komprehensif untuk membekali para kepala sekolah dengan berbagai kemampuan yang dibutuhkan.

Adapun beberapa fokus materi yang dibahas meliputi penguatan kompetensi manajerial berupa bekal pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola sumber daya manusia (SDM), keuangan, sarana dan prasarana sekolah secara efektif dan efisien.

Materi lainnya yaitu pengembangan kepemimpinan transformasional dalam rangka membantu para kepala sekolah membangun visi yang kuat, memotivasi guru dan staf, serta mendorong inovasi dan perubahan positif di sekolah.

Selanjutnya ada materi strategi efektif supervisi dan pembinaan guru yang mempelajari teknik supervisi akademik yang efektif untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran di kelas. Peserta juga mendapatkan pemahaman tentang penyusunan dan pengembangan kurikulum yang berbasis kebutuhan siswa dan perkembangan zaman.

Diklat juga menyajikam materi pengarusutamaan pendidikan karakter guna membekali para kepala sekolah dengan strategi untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada peserta didik.

Acara Aktif

Kepala Sekolah Dasar Integral Hidayatullah Muaro Jambi, Kabupaten Jambi, Gina Fernandez, menyampaikan Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah ini tidak hanya diisi dengan sesi ceramah. Para peserta juga terlibat aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik dan interaktif, seperti diskusi kelompok, studi kasus, simulasi, dan role-playing.

“Dengan menggabungkan berbagai metode tersebut, peserta dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan dan dapat langsung mengimplementasikannya di sekolah masing-masing.

Dina berharap melalui Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah ini, Sekolah Dasar Integral Hidayatullah Muaro Jambi dapat semakin meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan manajemen sekolah, mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam pengelolaan sekolah, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi siswa.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan sekamin meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan di Kabupaten Muaro Jambi.

“Dengan kepala sekolah yang kompeten dan memiliki kepemimpinan yang kuat, semoga dunia pendidikan di Kabupaten Muaro Jambi semakin maju dan mampu melahirkan generasi unggul yang siap menghadapi tantangan masa depan,” tandas Gina. (ybh/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Kursus Muballigh Profesional KMH ke-III Komitmen Pelayanan Umat melalui Dakwah Tarbiyah

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) -- Korps Muballigh Hidayatullah (KMH) kembali menggelar kegiatan Kursus Muballigh Profesional Angkatan ke-III yang mengangkat tema "Mencetak...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img