AdvertisementAdvertisement

Bareng IMS Lapas Kembang Kuning Gelar Tarhib Ramadhan bersama WBP dan Pegawai

Content Partner

CILACAP (Hidayatullah.or.id) — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kembang Kuning Pulau Nusakambangan yang menggandeng Islamic Medical Services (IMS) menggelar program Tarhib Ramadhan 1445 H dengan tema “Bersiap Diri Menyambut Ramadhan”, pada Kamis, 26 Sya’ban 1445 (7/3/2024).

Selain dihadiri oleh segenap pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Acara ini dihadiri oleh Kalapas Kelas IIA Kembang Kuning Winarso, KH Hasan Makarim selaku koordinator pembina rohani Islam lapas se-Nusakambangan, dan Riyadi Suryana selaku Manager Program Wakaf Daarut Tauhid.

Hadir pula Ridho Muhammad F, S.K.M selaku GM Program dan Emergency IMS, Ustadz Fuad Fahrudin selaku sekertaris DPW Hidayatullah DIY-Jatengbagsel, serta pendakwah Ustadz Dr. H Mulyadi Al-Fadhil, S.sos.I, M.Pd.

Kegiatan diawali dengan penyerahan wakaf Al-Quran dan dilanjutkan dengan kajian ilmu menyambut Ramadhan oleh Ustadz Dr. H Mulyadi Al-fadhil, S.sos.I, M.Pd.

Dalam sambutannya, Winarso menyampaikan apresiasi kepada IMS yang telah banyak membantu Lapas Kelas IIA Kembangkuning. Ia berharap program Tarhib Ramadhan ini dapat memberikan pencerahan dan penguatan iman bagi warga binaan dan pegawai lapas.

“IMS selama ini sudah banyak membantu Lapas Kelas II A Kembang Kuning. Saking banyaknya saya sampai tidak bisa menyebutkan satu persatu,” kata Kalapas sembari disambut tepuk tangan meriah santri WBP dan pegawai lapas.

Diakhir sambutannya, Winarso menguatkan bahwa dengan adanya tarhib Ramadhan ini diharapkan semakin menguatkan pencerahan dan penguatan iman bagi warga binaan ataupun bagi pegawai Lapas Kelas II A Kembang Kuning.

KH Hasan Makarim selaku koordinator pembina rohani Islam lapas se-Nusakambangan menambahkan bahwa Tarhib Ramadhan ini menjadi awal program Ramadhan 1445 H yang dilakukan IMS.

Kyai Hasan berharap IMS dapat terus memberikan support kebaikan bagi warga binaan dan pegawai lapas selama bulan Ramadhan.

Pada kesempatan yang sama Riyadi Suryana selaku Manager Program Wakaf Daarut Tauhid mengaku terinspirasi setelah melihat suasana Lapas pada acara Tarhib ini.

Riyadi mengatakan, pada kesempatan lain pihaknya akan segera melakukan silaturahim kembali kepada warga binaan Lapas Kelas IIA Kembangkuning.

Senada dengan itu, Ridho Muhammad F, S.K.M. menyampaikan terima kasih kepada pihak Lapas Kembangkuning dan warga binaan atas antusiasmenya mengikuti kegiatan Tarhib Ramadhan.

Ridho juga menjelaskan bahwa acara ini terselenggara berkat dukungan dari berbagai lembaga dan perusahaan.

Sambutan berikutnya yang disampaikan Fuad Fahrudin berharap warga binaan dapat mengambil ibrah dan spirit Islam melalui acara Tarhib Ramadhan ini sehingga dapat menyambut bulan Ramadhan dengan semangat dan ibadah yang optimal.

Ustadz Dr. H Mulyadi Al-fadhil, S.sos.I, M.Pd dalam materinya menyampaikan bahwa Ramadhan merupakan tamu mulia bagi kaum muslimin. Oleh karena itu, umat Islam harus menyambutnya dengan persiapan yang matang.

Acara Tarhib Ramadhan ditutup dengan muhasabah diri yang dipimpin langsung oleh Ustadz Dr. H Mulyadi Al-fadhil, S.sos.I, M.Pd.

Kegiatan tarhib Ramadhan ini terselenggarakan dengan baik berkat support dan dukungan dari berbagai lembaga dan perusahaan yaitu Pertamina, Bazma, Laznas BMH, Ecoziska, DT Peduli, dan Wakaf Daarut Tauhid dalam membantu waqaf Al Quran untuk lapas kelas IIA Kembang Kuning. (ybh/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Rekonstruksi Peradaban Islam Pasca Ramadhan: Menjemput Kejayaan dari Syawal

RAMADHAN, bulan penuh berkah dan ampunan, telah sepekan lebih meninggalkan jejak takwa dalam sanubari kita. Takwa bagaikan benih yang...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img