AdvertisementAdvertisement

Mushida Gelar Diklat Guru Se-Kaltimteng Tingkatkan Profesionalisme PAUD

Content Partner

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) — Pengurus Wilayah Muslimat Hidayatullah (Mushida) Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi tuan rumah penyelenggaraan pendidikan dan latihan (diklat) Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) selama 6 hari di Balikpapan, 7-11 Rabi’ul Awal 1445 (23-27/09/2023).

Acara yang digelar di Asrama Haji Manggar, Batakan, Balikpapan, ini mengusung tema, “Meningkatkan Kompetensi Profesionalitas Kepala Sekolah dan Guru PAUD Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Tauhid Pada Proses Pembelajaran”.

Diklat yang digelar di bawah koordinasi Departemen Pendidikan (Depdik) Wilayah Mushida Kalimantan Timur ini bekerja sama dengan Ikatan Kepala Sekolah PAUD Mushida (IKPM) dan Ikatan Guru PAUD Mushida (IGPM) Kaltim. Diklat ini merupakan pelatihan Tahap 1 & 2 yang diikuti oleh Kepala Sekolah dan Guru Se-Kaltim dan Tengah (Kaltimteng).

Ketua Panitia, Ustadzah Muthmainnah, dalam keterangannya mengatakan kegiatan ini merupakan follow up dari pelatihan serupa yang selenggarakan oleh Tim Badan Pengembangan Mutu (BPM) PAUD Mushida di Yogyakarta dan Surabaya beberapa bulan lalu yang diikuti oleh Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum perwakilan wilayah dari seluruh Indonesia.

“Output dari pelatihan ini melahirkan instruktur instruktur yang diterjunkan langsung di wilayahnya masing-masing dengan terlebih dahulu di-coaching oleh pendamping dari Tim BPM PAUD Mushida Pusat,” kata Muthmainnah.

Untuk Wilayah Kaltim sendiri pendamping dari PP Mushida Pusat adalah Ustadzah Rita Sahara, S.Psi., M.Pd. Tercatat sebanyak 46 peserta dari Kaltim, ditambah 7 peserta dari Kalteng yang hadir pada kegiatan tersebut.

Muthmainnah menambahkan, ada beberapa tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini, yaitu meningkatkan profesionalitas dan kompetensi kepala sekolah dan guru PAUD se-Kaltimteng, penguatan standardisasi layanan dan mutu PAUD se-Kaltim, sosialisasi kurikulum KIBT PAUD yang telah disempurnakan, dan diharapkan semakin meningkatkan pemahaman kurikulum KIBT.

Meski kegiatan ini amat padat dari pagi sampai malam, namun peserta di ruang guru dan di ruang kepala sekolah tampak begitu antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Bisa dikatakan kegiatan lima hari merupakan pelatihan dengan materi paket komplet, apalagi peserta juga diberi kesempatan untuk observasi langsung ke TK Mardhatillah Karang Bugis untuk melihat Proses KBM berlangsung.

“Harapannya seluruh materi yang telah didapatkan pada pelatihan ini, dapat diterapkan secara merata di seluruh PAUD yang ada di Kaltim dan Kalteng,” kata Muthmainnah.

Pada dua hari terakhir, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman sebanyak banyaknya kepada dua pemateri dari Surabaya, yaitu Ustadzah Wida Almaida, M.Pd (Tim BPM Paud Pusat, Direktur PAUD Hidayatullah Surabaya) dan Ustadzah Fifien Wahyu Wulandari, S.Pd (Waka Akademik KB-TK Yaa Bunayya Surabaya). Peserta tampak memanfaatkan momen sharing ini sebaik mungkin.*/Mujtahidah, Guru KB-RA Ummulqura Balikpapan

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Lembaga Pemeriksa Halal Hidayatullah Menuju Akreditasi LPH Utama

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) -- Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Hidayatullah menerima kunjungan tim asesmen sertifikasi halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img