AdvertisementAdvertisement

Rapimnas SAR Hidayatullah Kukuhkan Jatidiri sebagai Potensi Pencarian dan Pertolongan Nasional

Content Partner

BULUKUMBA (Hidayatullah.or.id) — Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Search and Rescue (SAR) Hidayatullah 2024 digelar di Bulukumba, Sulawesi Selatan, 20-22 Sya’ban 1445 (1-3/3/2024) dengan Jumlah peserta terdiri dari perwakilan terdiri dari 29 wilayah provinsi se-Indonesia.

Acara Rapimnas yang mengangkat tema “Mengukuhkan Jatidiri SAR Hidayatullah sebagai Potensi Pencarian dan Pertolongan Nasional” dibuka oleh Wakil Bupati Bulukumba H. Andi Edy Manaf, S.Sos.

Wakil Bupati Bulukumba H. Andi Edy Manaf, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan sangat senang dan memberikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada SAR Nasional Hidayatullah karena telah memilih Bulukumba sebagai tuan rumah gelaran Rapat Pimpinan Nasonal SAR Hidayatullah.

“Semoga SAR Hidayatullah menjadi barometer menggerakan potensi untuk pencarian dan pertolongan kemanusiaan khususnya di wilayah Bulukumba dan umumnya untuk seluruh indoensia,” katanya.

Wakil Bupati mendorong dan mendoakan semoga SAR Hidayatullah semakin maju dan sukses untuk menjadi garda terdepan dalam menolong dan menyelamatkan masyarakat yang membutuhkan.

Ia juga berharap SAR Hidayatullah bersinergi dengan semua komponen di Bulukumba khususnya dengan Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba.

Sementara itu, Ketua Umum SAR Hidayatullah Irwan Harun dalam keterangannya menyampaikan, bahwa sebagaimana tema yang diangkat, Rapimnas kali ini sebagai salah satu komitmen mewujudkan visinya menjadi lembaga SAR yang profesional dengan tidak henti-hentinya meningkatkan kapasitas dan kompetensi para personelnya.

“Kekuatan penanggulangan bencana terletak pada jaringan SAR yang kuat dan terkoordinasi. Oleh karena itu, SAR Hidayatullah aktif dalam membina dan memperkuat jaringan SAR di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya melalui forum Rapimnas ini,” kata Irwan.

Selain itu, Tim SAR Hidayatullah juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan SAR Nasional (Basarnas), serta organisasi kemanusiaan lainnya. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam menghadapi bencana.

SAR Hidayatullah juga secara aktif mengadakan pelatihan dan capacity building untuk para potensi di daerah-daerah, sehingga tercipta jaringan SAR yang solid dan siap menghadapi berbagai situasi darurat.

“Kehadiran Tim SAR Hidayatullah sebagai tim pencarian dan pertolongan nasional ingin mengukuhkan jatidiri dengan berupaya menjadi simbol kesigapan, kepedulian, dan solidaritas dalam menghadapi bencana,” kata Irwan.

Dia menambahkan, di masa depan, SAR Hidayatullah menargetkan untuk terus meningkatkan kapasitas dan profesionalisme mereka. Mereka juga akan terus memperluas jangkauan bantuan mereka ke berbagai titik di Tanah Air.

Pada kesempatan pembukaan Rapimnas, turut hadir Ketua DPW Hidayatullah Sulsel yang juga Pembina SAR Hidayatullah Sulawesi Selatan Drs. Nashri Bukhori M.Pd, DPD Hidayatullah Kabupaten Bulukumba, Ketua SAR Hidayatullah Sulawesi Selatan Armin, dan Ketua Panitia Abdul Majid.

Turut pula hadir tamu undangan diantaranya perwakilan Kakaknsar Basarnas Sulawesi Selatan Bapak Nurhamka yang juga menjadi narasumber dalam sosialisasi rangkaian Rapimnas, unsur pimpinan Baznas Bulukumba, BPBD Bulukumba, dan segenap pengurus pusat SAR Hidayatullah. (ybh/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Terus Meneguhkan Dakwah Amar Makruf Nahi Munkar dalam Kehidupan

DAKWAH amar ma'ruf nahi munkar merupakan salah satu prinsip dasar dalam Islam yang menekankan pentingnya mengajak kepada kebaikan serta...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img