AdvertisementAdvertisement

Membangun Kemandirian Ekonomi Harakah Dakwah

Content Partner

‌SAAT ini, umat Islam tertinggal jauh secara ekonomi. Hanya sedikit negara-negara muslim anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang tergolong pada negara maju.

Dari beberapa indikator, salah satu ukuran negara maju adalah jika pendapatan rata-rata penduduk (perkapita) sebesar 10, 750 USD/tahun. Negara-negara Muslim yang masuk kelompok ini adalah Kuwait, Uni Emirat Arab, Oman, Saudi Arabia, Qatar, Brunei Darussalam, Turki dan menyusul Malaysia.

Sementara, Indonesia pendapatan perkapitanya, baru berada pada kisaran 4.500 USD/tahun. Sedangkan negara-negara muslim di Benua Afrika, masih jauh tertinggal. Sementara hanya 2 negara muslim yang masuk G-20 (dua puluh negara dengan PDB terbesar) yaitu Indonesia dan Turki.

‌Indonesia, berdasarkan penelitian beberapa lembaga penelitian dunia, salah satunya Mc Kinsey yg dilakukan tahun 2012 lalu, memprediksi bahwa tahun pada 2030, Indonesia akan menjadi negara terbesar ke-5 dunia (PDB-nya)

‌Kita boleh berbangga dengan prediksi tersebut, namun, jika kita lihat data saat ini, misal rasio gini, yang merupakan indikasi ketimpangan ekonomi yang masih di sekitar angka 0,4.

Masih ada konsentrasi kekayaan oleh kelompok tertentu, dimana kita 1 persen warga negara, menguasai 50 persen lebih aset nasional. Pertumbuhan ekonomi masih di angka 5 persen. Pendapatan rata-rata penduduk terus meningkat. Menjadi salah satu paradok, dengan angka kemiskinan yang belum bisa di minimize.

‌Bagi muslimin Indonesia, yang jumlahnya mayoritas (berkisar 87 persen) dari total populasi, menurut Pak CT, hanya mendapatkan kue ekonomi sebesar 12 persen. Artinya terjadi jomplang dan ketidakadilam disini.

‌Tentu saja bisa ditampilkan data-data yang lebih mengerikan, jika disebutkan penguasaan asing dan aseng atas berbagai sektor bisnis dan kehidupan. Bahkan sektor yang menjadi hajat hidup orang banyak.

‌Hal ini semakin mengkonfirmasi bahwa, kita (baca muslim Indonesia) bukan hanya tertinggal secara ekonomi, namun sejatinya masih dijajah oleh asing dan asing, melalui multinational corporate (MNC) yang mereka bangun di negeri ini.

‌Meski kesadaran telah tumbuh, diberbagai kalangan umat Islam, namun masih belum bisa di kapitalisasi menjadi kekuatan ekonomi umat yang riil. Masih berjalan sendiri-sendiri, belum berjama’ah. Baik model usaha maupun jenis bisnisnya.

Sehingga, akibatnya sangat mudah dimatikan oleh mereka yang sudah besar. Dan watak kapitalis liberal, selalu membentuk kartel untuk menghabisi para pesaingnya. Hal ini, sesungguhnya berlawanan dgn semangat liberalisme itu sendiri.

‌Di sisi lain, umat Islam juga perlu bermuhasabah lagi, bahwa ada kesalahan paradigmatik, berkenan penyikapan terhadap ekonomi dan seluruh aspeknya. Umat tidak cukup diajarkan tentang urgensi penguasaan ekonomi. Padahal, ekonomi adalah salah satu pilar yang dibangun nabi setelah hijrah ke Madinah dan memenangkannya.

‌Saat Nabi membuka pasar di Madinah, sehingga mampu menggeser bahkan menumbangkan dominasi pasar Yahudi (Pasar Bani Qainuqa). Dimana salah satu ciri Pasar Muslim adalah menyuburkan jual beli dan meninggalkan Riba.

Sedangkan pada masa Khalifah Umar bin Khattab radhiyallahu, selain hal tersebut, juga hanya orang yang mengerti fiqh saja, yang boleh jualan di pasar. Olehnya ada lembaga hisbah yang ditempatkan di pasar untuk menjaga dan mengawasi agar pasar (dan kegiatan ekonomi lainnya) berjalan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

‌Di lain pihak, bukan untuk pembenaran dan/atau mencari kesalahan, bahwa sebagian besar penganut madzhab Syafii biasanya kurang concern praktek di bidang ekonomi, tetapi secara fiqh muamalahnya biasanya unggul, dibandingkan dengan madzhab Hanafi misalnya yang berdagang (aktifitas) ekonominya menonjol. Tapi ini baru sebatas hipotesa. Masih butuh pembuktian.

‌Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk merebut kue ekonomi tersebut, terutama oleh harakah dakwah, yang merupakan bagian dari jama’atul muslimin dan sekaligus sebagai pilar negara. Sudah barang tentu banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

‌Pertama, mendidik kader dan anggota harakah untuk memahami fiqh Muamalah. Dan ini di ajarkan di semua jenjang pendidikan, termasuk dalam halaqah halaqah. Berikut implementasinya. Baik untuk menjadi profesional maupun entrepreneuer (pelaku bisnis). Kurikulumnya mesti dodesain untuk mendukung ini.

‌Kedua, menjadikan halaqah (majelis taklim) dan kemudian masjid dan pesantren sebagai basis ekonomi umat. Umat diajarkan dan didorong untuk terbiasa Syirkah dan mudharabah antar mereka. Sehingga bisa dibangun sentra-sentra ekonomi umat sesuai skala, kecenderungan dan jenis usahanya.

Karena berbicara ekonomi pasti berbicara skala ekonomi. Ada kaidah ekonomis yang harus di penuhi. Sehingg tidak asal, mesti dilakukan kalkulasi ekonomi. Dan harakah dakwah mesti hadir di sini sebagai facilitator.

Ketiga, umat didorong, dimotivasi dan dan difasiliasi untuk memproduksi, mengkonsumsi, berdagang, mendistribusikan dan berinvestasi terhadap produk muslim. Diawali dengan komunitas yang bersifat komplementer atas produk yang ada, hingga menjadi suplementer,untuk menggantikan produk-produk yang beredar di pasaran saat ini.

Keempat, secara kelembagaan, harakah dapat memiliki korporasi, yang sahamnya dimiliki oleh kader dan anggota. Ada ekonomi berjama’ah atau korporasi umat. Selanjutnya memfasilitasi usaha/bisnis kader. Sehingga menjadi sumber kekuatan ekonomi harakah dakwah dan kader.

‌Kelima, ada mapping antar harakah, siapa bermain bisnis dimana. Atau harus kerjasama dengan siapa. Dan penguasaan bisnis muslim bukan hanya pada bidang herbal, busana muslim, lembaga keuangan, makanan halal, ritel, dlsb. Itu penting, tetapi juga harus menguasai bidang energi, pertambangan, teknologi perdagangan secara umum, termasuk persenjataan dst. Sehingga peran sebagai khalifatullah film ardh itu nyata.

‌Keenam, membangun jaringan ekonomi dan bisnis antar harakah. Membangun jaringan produksi, distribusi, ritel, pemasarandan investasi. Termasuk kajian, riset, ekspor impor, dlsb.

‌Demikian uraian singkat kami tentang bagaimana menuju Kemandirian Ekonomi Umat. Tentu masih banyak hal yang belum ter-cover dalam tulisan ini. Sehingga merangsang kita, untuk berkonstribusi. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

________
*) ASIH SUBAGYO, penulis adalah CEO HG Corporindo, perusahaan Holding Company Hidayatullah yang sekaligus Ketua Bidang Perekonomian DPP Hidayatullah. Artikel ini merupakan pointers materi penulis saat menjadi narasumber dalam seminar ekonomi yang digelar DPW Hidayatullah Gorontalo, Sabtu (13/1/2018)

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Ya Allah Perbaiki Segala Urusanku dan Jangan Serahkan pada Diriku Sekejap Mata pun

JIKA Anda titip kepada seseorang agar dibelikan nasi goreng di suatu tempat yang cukup jauh dari rumah, apa yang...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img