AdvertisementAdvertisement

Inilah Empat Amanah yang Hendaknya Diperankan Setiap Murabbi

Content Partner

PASURUAN (Hidayatullah.or.id) — Ketua Dewan Murabbi Pusat (DMP) Hidayatullah, Ust. H. Dr. Tasyrif Amin, M.Pd.I menyebutkan empat tugas atau amanah yang dibebankan kepada setiap murabbi dimana hendaknya mereka mesti berupaya memerankan keempat amanah tersebut.

Benang merah itu ditekankan Tasyrif saat memberikan arahan dalam kegiatan Silaturrahim & Upgrading Murobbi Hidayatullah se-Jawa Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) bekerja sama dengan Dewan Murabbi Wilayah (DMW) Hidayatullah Jawa Timur selama 2 hari bertempat di Pondok Tahfidzul Qur’an Kampus Madya Darul Hijrah Salam, Kota Pasuruan, dibuka Sabtu, 17 Dzulqaidah 1445 (25/5/2024).

Ustadz Tasyrif memulai arahannya dengan mengutip Kaalamullah di dalam Al Qur’an surah As-Shaf ayat 9:

هُوَ ٱلَّذِىٓ أَرْسَلَ رَسُولَهُۥ بِٱلْهُدَىٰ وَدِينِ ٱلْحَقِّ لِيُظْهِرَهُۥ عَلَى ٱلدِّينِ كُلِّهِۦ وَلَوْ كَرِهَ ٱلْمُشْرِكُونَ

“Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk (Al-Qur’an) dan agama yang benar untuk diunggulkan atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai”

Ia lantas menyebutkan ada 4 poin yang perlu digarisbawahi pada ayat yang baru dibacakannya itu. Empal hal tersebut adalah, Pertama, Allah sebagai Sumber Ilmu. Kedua, Rasul sebagai Contoh Teladan. Ketiga, Al Quran sebagai Petunjuk, dan, Keempat, Agama sebagai Jalan Hidup.

“Keempat hal itu kemudian diamanahkan kepada kita semua untuk ditampakkan dan dipraktekkan dihadapan semua agama,” jelasnya.

“Maka inilah tugas murabbi, adalah mengantar anggota halaqahnya mengenalkan Allah, mencontoh Nabi, mempelajari Al Qur’an dan ulumuddin,” lanjutnya.

Dan itupun belum berhenti di situ, katanya. Tasyrif menegaskan, berikutnya harus ada upaya berkelanjutan dan sistemik dari para murabbi dan anggotanya untuk menampakkan keimanan, akhlak, dan syariat kepada seluruh alam semesta.

“Tugas halaqah itu saling mengingatkan untuk memperagakan ajaran Islam ini hingga seluruh insan beragama di dunia ini mampu melihat keagungan Islam,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut, Ketua Dewan Murabbi Pusat ini memberikan apresiasi kepada DMW dan DPW Jawa Timur yang telah menginisiasi kegiatan yang sangat baik ini.

“Jawa Timur sejak awal Hidayatullah telah menjadi pilar pergerakan organisasi, saya berharap hal baik ini terus diupayakan dan menjadi inspirasi nasional,” pungkasnya.

Acara ini menghadirkan pembicara yang ahli pada pada bidangnya. Diantaranya Ust. H. Drs. Abdrurrahman sebagai Murabbi Jawa Timur yang juga Anggota Dewan Pertimbangan, Ketua Umum DPP Hidayatullah Ust. H. Dr. Nashirul Haq, Ust. H. Abdul Kholiq sebagai anggota Dewan Mudzakarah dan Ust. Ir. Hanifullah sebagai anggota DMP.

Acara ini juga diikuti oleh 190 peserta, terdiri dari 41 Murobbi Wustho, 110 Murobbi Ula dan 41 Murobbiyah se-Jawa Timur. Kegiatan ini juga adalah pra acara Halaqah Kubro dan Kemah Dai yang akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang.*/Herim

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

STIE Hidayatullah Songsong Visi Kampus Bertaraf Internasional dengan Kekuatan Alumni

DEPOK (Hidayatullah.or.id) -- Seiring makin bertambahnya usia sebagai salah satu perguruan tinggi Hidayatullah (PTH) yang membidangi lahirnya sumber daya...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img