AdvertisementAdvertisement

Ketua Yayasan Menara Quran Hidayatullah Ungkap 3 Kunci Sukses Seorang Muslim

Content Partner

SURAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Ketua Yayasan Menara Qur’an Hidayatullah Karanganyar, Surakarta, Jawa Tengah, Dr. Nur Islam, M.Pd, menyatakan bahwa ada 3 kunci kesuksesan seorang muslim yang harus dipegang dengan teguh.

“Pegang teguh tiga hal ini; Pertama, Ittaqullaah, taqwa kepada Allah. Kedua, Ishbiruu, selalu bersabar. Ketiga, Laa Tasta’jiluu, jangan tergesa gesa dalam menunggu hasil,” kata Nur Islam.

Tiga poin ini diungkapkan Nur Islam dihadapan peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dewan Murabbi (DM) Hidayatullah yang berlangsung sejak tanggal 9 hingga 12 Rajab 1444 H/ 31 Januari – 3 Februari 2023 di Kampus Menara Qur’an Hidayatullah Karanganyar.

Pria murah senyum ini mengurai kunci pertama. Bahwa, terang dia, takwa adalah kunci kehidupan, baik dunia maupun akhirat.

“Kesuksesan yang hakiki adalah yang berlandaskan ketakwaan. Bahagia di dunia serta selamat di akhirat hanya bisa didapatkan dengan takwa. Dan disinilah yang tidak disadari oleh banyak orang,” katanya.

Takwa, lanjutnya menjelaskan, membuat hidup menjadi lebih bermakna, pintu kesuksesan terbuka lebih lebar dan keberkahan akan turun dari Allah lebih deras.

Adapun uraian kunci sukses kedua yang terkait dengan kesabaran adalah bingkai segala perbuatan yang membuat amalan terasa nyaman dan menjadikan hati tetap lapang dengan hasil dari setiap perbuatan, baik sesuai dengan ekspektasi ataupun tidak.

“Dengan kesabaran, kita tidak merasa euforia bila berhasil dan tidak akan kecewa apatah lagi patah hati saat harapan tidak berjalan seiring dengan usaha,” terang ayah 5 anak ini.

Adapun kunci ketiga adalah jangan tergesa-gesa. Diterangkannya, seorang Muslim meyakini bahwa berusaha adalah kewajiban makhluk sedangkan hasilnya merupakan kewenangan atau hak prerogatif Allah Subhanahu Wata’ala.

“Seorang muslim yakin bahwa Allah tidak akan menunda hak seorang hamba jika telah tiba waktunya untuk diberi. Allah tidak berkepentingan untuk menunda hasil yang sudah seharusnya diterima oleh seorang hamba.” terang alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta ini.

Yayasan Menara Qur’an menjadi tuan rumah gelaran Rakornas DM Hidayatullah tahun 2023. Menara Qur’an Hidayatullah ini adalah salah satu amal usaha dibawah naungan organisasi Hidayatullah yang bergerak dibidang pendidikan dan dakwah dengan program fokus pendidikan dai muda yang setiap alumninya disebar ke berbagai daerah di Indonesia. */Naspi Arsyad

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Membangun Tata Kelola Organisasi Berbasis Maqashid Syariah: Sebuah Narasi Kontemporer

DI ERA modern ini, tuntutan terhadap organisasi, khususnya organisasi Islam, untuk senantiasa berbenah dan beradaptasi dengan zaman semakin tinggi....
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img