AdvertisementAdvertisement

Maksimal Menajamkan Dimensi Ruhiyah, Maaliyah dan Jasmaniyah dari Ramadhan

Content Partner

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Dr. H. Nashirul Haq, Lc., MA, mengajak maksimalkan usaha dalam menajamkan dimensi ruhiyah, dimensi maaliyah, dan dimensi jasmaniyah dari bulan suci Ramadhan kali ini.

“Ramadhan datang penuh dengan keistimewaan memiliki banyak dimensi,” kata Nashirul dalam Seruan Ramadhan 1445 H/2024 M Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah yang disiarkan dari Jakarta, Senin, 30 Sya’ban 1445 (11/3/2024).

Ia menyebutkan, bulan suci ini memiliki dimensi spiritual (ruhiyah) yang menjadikan Ramadhan sebagai bulan yang tepat untuk
merevitalisasi semangat, menghapus kesalahan kesalahan, mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan mendoakan saudara-saudara di Palestina untuk diberikan pertolongan dan kemenangan.

Ramadhan juga memiliki dimensi materi (maaliyah), di mana kaum muslimin biasa menunaikan kewajiban membersihkan hartanya dalam tahun berjalan.

Realitasnya, jumlah harta zakat, infaq, maupun shadaqah yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan lebih besar dibanding jumlah dana sejenis pada 11 bulan lainnya.

“Ummat Islam, khususnya di Indonesia, dapat memenuhi perintah agamanya untuk infak dan donasi bagi kaum faqir miskin bisa bergembira, termasuk saudara-saudara kita di Palestina,” katanya.

Berikutnya, terang Nashirul, bulan suci ini pula memuat dimensi fisik (jasmaniyah) yang menjadikan Ramadhan sebagai bulan yang tepat untuk melatih dan membuktikan bahwa kita mampu menahan diri dari segala perbuatan sia-sia, menimbulkan dosa, apalagi menimbulkan kerusakan yang merugikan masyarakat.

“Di bulan Ramadhan, kita memiliki kemerdekaan dan kedaulatan penuh untuk memutuskan sesuatu. Sebab, pengaruh setan telah sangat dikurangi, dan manusia dapat membuktikan bahwa dirinya bukanlah golongan setan yang suka melakukan kejahatan,” pesannya. (ybh/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Perjalanan 8 Jam Tim BMH Susuri Kelokan Tajam Antar Qurban ke Desa Pedalaman

GARUT (Hidayatullah.or.id) -- Dalam semangat berbagi kebahagiaan pada Hari Raya Idul Adha, Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah (Laznas...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img