AdvertisementAdvertisement

Pemuda Penting Ambil Peran sebagai Konsolidator Pemilu 2024 Jujur dan Damai

Content Partner

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pemuda Hidayatullah Rasfiuddin Sabaruddin mengingatkan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) merupakan hajatan lima tahunan yang amat menentukan nasib rakyat dan bangsa Indonesia.

Karena itu, Rasfiuddin menyerukan pentingnya semua komponen bangsa terutama generasi muda agar serius ambil peran dalam mengawal pesta demokrasi ini supaya betul betul menghasilkan kebaikan bagi bangsa dan negara.

“Dalam konteks Pemilu, termasuk Pemilu 2024 yang akan datang, peran pemuda tidak dapat diabaikan. Anak muda tidak boleh lagi dilihat hanya sekadar sebagai penonton, tetapi mereka harus menjadi konsolidator yang memiliki dampak signifikan pada proses demokrasi,” kata Rasfiuddin dalam keterangannya kepada media ini, Selasa, 27 Jumadil Akhir 1445 (9/1/2024).

Rasfi, begitu ia karib disapa, menegaskan keberadaan pemuda sebagai pilar kritis menggambarkan esensi keberagaman dan kesatuan dalam wadah pemilihan.

Dalam pada itu, ia membeberkan penting untuk diakui bahwa kompleksitas peran pemuda sebagai konsolidator menghadirkan tantangan dan peluang seiringan. Ketidakpastian ini menurutnya melahirkan kompleksitas tekstual yang membutuhkan pemahaman mendalam dan analisis menyeluruh.

“Pemuda menghadirkan dinamika unik melalui kontribusi variatif mereka. Tentu kiprah itu bukan hanya peran penapisan terhadap berbagai potensi kecurangan dan keterbelahan, tetapi juga menjalankan strategi untuk memastikan bahwa kampanye damai menjadi refleksi autentik dari keragaman yang ada. Seharusnya inilah yang memunculkan kekayaan dalam wacana politik kita,” jelasnya.

Pemuda, sebagai konsolidator, jelas Rasfi, mensyaratkan keterbukaan untuk berkolaborasi dan di sisi lain kaum tua pun mesti bersedia membuka ruang dialog bersama agar cita cita dari Pemilu yang jujur dan adil dapat terwujud.

“Orangtua tidak boleh merasa paling mengerti, demikian pula sebaliknya, anak muda tak elok jika merasa diri paling bisa. Disinilah pentingnya persenyawaan kebersamaan,” imbuhnya.

Rasfi mengemukakan pentingnya peran pemuda sebagai konsolidator dalam Pemilu Damai 2024 tidak hanya terletak pada pemahaman mereka terhadap politik, tetapi juga pada kemampuan mereka untuk menyajikan pemikiran dengan cara yang menciptakan kekayaan tekstual.

Karenanya, keterlibatan pemuda dalam proses suksesi nasional Pemilu 2024 adalah suatu keharusan yang tak dapat diabaikan jika ingin mencapai kejayaan sejati bagi Indonesia.

“Pemuda bukan hanya pewaris masa depan, melainkan juga arsitek perubahan, yang karena itu, pemuda harus melepaskan buta politik,” katanya.

Jangan Acuh

Lebih jauh Rasfi menegaskan pemuda tidak bisa bersikap acuh tak acuh terhadap dinamika politik yang mengelilingi mereka. Karena, tegasnya, buta politik hanya akan mengakibatkan ketidakpedulian terhadap isu-isu krusial yang mempengaruhi masa depan negara.

“Pemuda harus menyadari bahwa setiap pilihan politik memiliki dampak besar pada jalannya pemerintahan dan pembangunan nasional,” tegasnya.

Pemuda adalah kekuatan segar yang bisa membawa ide-ide inovatif dan pandangan yang cerdas. Oleh sebab itu, keterlibatan pemuda dalam suksesi nasional Pemilu 2024 yang jujur, adil, dan damai, akan memberikan pemuda peluang untuk menyuarakan pemikiran mereka, membawa angin segar ke dalam arena politik, dan menghadirkan perspektif baru yang diperlukan untuk menciptakan kebijakan yang berkeadilan.

“Terlibat dalam suksesi nasional memberikan kesempatan untuk mengubah sikap skeptisisme anak muda terhadap politik menjadi aksi nyata yang membawa semangat baru dalam pelaksanaan kebijakan dan program-program pemerintah, menggairahkan semangat kolektif untuk mencapai tujuan bersama,” katanya.

Raspi menambahkan, pemuda adalah kekuatan pengubah, penentu arah masa depan, dan sumber kejayaan bagi Indonesia.

“Dengan terlibat dalam proses politik, pemuda bukan hanya menyumbang suara, tetapi juga membentuk sejarah dan meninggalkan jejak keterlibatan untuk meluruskan kiblat bangsa bagi generasi yang akan datang,” tutupnya. (ybh/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Rapimnas SAR Hidayatullah Kukuhkan Jatidiri sebagai Potensi Pencarian dan Pertolongan Nasional

BULUKUMBA (Hidayatullah.or.id) -- Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Search and Rescue (SAR) Hidayatullah 2024 digelar di Bulukumba, Sulawesi Selatan, 20-22...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img