AdvertisementAdvertisement

Serunya “Berlayar Bersama Qur’an” Kafilah Solo Raya muat Spirit Al Aqsha Menuju Silatnas

Content Partner

SOLO (Hidayatullah.or.id) — Armada laut menjadi pilihan transportasi utama sebagian besar tamu yang akan menyemarakkan Silaturahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah yang digelar di Kampus Induk Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 23-26 November 2023.

Tidak saja rombongan dari Indonesia Timur, sebagian besar kafilah dari Pulau Jawa juga memilih jalur membelah lautan. Selain ongkosnya yang lebih ramah di kantong, perjalanan ramai ramai menggunakan kapal tentu lebih asik untuk mengeratkan kebersamaan.

Hal itulah misalnya yang dilakukan oleh kafilah Hidayatullah Solo Raya. Menariknya, ini bukan perjalanan biasa, sebab diisi dengan berbagai kegiatan seru bertajuk Berlayar Bersama Qur’an (BBQ) baik sebelum, selama perjalanan, ketika sampai di tujuan, dan begitu juga ketika kembali nanti.

Mudir Pondok Pesantren Hidayatullah Nurul Iman Karanganyar Solo, Ust. Fathurrahman, saat melepas rombongan berjumlah sedikitnya 150 orang ini mengatakan perjalanan bertajuk “Berlayar Bersama Qur’an” ini mungkin baru pertama di Indonesia bahkan dunia yang dipelopori kader kader Hidayatullah khususnya dari Solo Raya.

“Kegiatan (pelayaran) ini luar biasa, spektakuler. Mungkin baru pertama di Indonesia bahkan dunia berlayar bersama Al Quran yang dipelopori kader kader Hidayatullah,” katanya.

Dewan Murabbi Wilayah (DMW) Hidayatullah DIY-Jateng Bagsel ini mendoakan seraya berpesan agar supaya perjalanan ini dimudahkan oleh Allah dengan spirit silaturrahim, spirit untuk menguatkan keimanan, dan spirit untuk menguatkan ukhuwah.

“Bahkan yang terpenting lagi adalah spiritinya pembebasan Masjidil Aqsha. Bagaimana lautan di seluruh Indonesia ini mendapatkan curahan keberkahan dengan Al Quran,” lanjutnya.

“Tidak saja lautan Indonesia, bahkan keberkahan lautan ini akan menyebar ke seluruh dunia bahkan sampai ke lautan Gaza yang akan mendekatkan kepada pembebasan Al Quds,” harapnya menandaskan.

Ketua Departemen Infokom & Ristek PW Pemuda Hidayatullah DIY, Muhammad Desianur Rizky, menyatakan rasa haru dan syukurnya menjadi bagian dari kafilah perjalanan ini.

Menurut Rizky, tajuk Berlayar Bersama Qur’an atau BBQ ini ikhtiar meneguhkan bahwa Al-Qur’an benar benar menjadi petunjuk bagaimana kita melintasi lautan, pun juga kehidupan.

“Perjalanan laut dilakukan, menyeberang samudera menggunakan kapal, mengisi setiap detiknya dengan nafas Al-Qur’an dan suasana Iman dan Islam. Kafilah ini tidak hanya bersemangat untuk silaturahmi, tapi juga mengemban spirit pembebasan Al-Aqsha yang masih didzalimi,” nukilnya.

“Semoga di atas lautan yg akan kita upayakan meluaskan keberkahan. Hingga air Lautan Nusantara yang kita lewati, bertemu dengan air Laut Mediterania, dan menjadi sebab terbebaskan Negeri Palestina, terkhusus Bumi Gaza,” tandasnya.

Alhamdulillah, kafilah Berlayar Bersama Qur’an telah tiba di Kampus Induk Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Senin (20/11/2023) setelah 2 hari mengarungi samudera. (ybh/hidayatullah/or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Terus Meneguhkan Dakwah Amar Makruf Nahi Munkar dalam Kehidupan

DAKWAH amar ma'ruf nahi munkar merupakan salah satu prinsip dasar dalam Islam yang menekankan pentingnya mengajak kepada kebaikan serta...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img