AdvertisementAdvertisement

Siapkan Dai Melek Teknologi, Sekolah Dai Ciomas Gelar Training Jurnalistik dan Teknik Kreasi Content Digital

Content Partner

BOGOR (Hidayatullah.or.id) — Sekolah Dai Ciomas Bogor, sebuah lembaga pendidikan yang fokus mencetak dai muda yang handal, menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik dakwah digital, Ahad, 29 Sya’ban 1445 (10/3/2024).

Mengangkat tema “Tebar Inspirasi Islami untuk Membangun Negeri”, pelatihan ini diikuti oleh segenap mahasantri kuliah dai yang berlokasi di Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sekretaris Posdai, Zainal Amiruddin, yang turut hadir dalam acara tersebut sekaligus membawakan materi teknik videografi dasar, menekankan pentingnya generasi muda melek teknologi informasi dan penggunaannya secara positif dan produktif di era digital ini.

Di era tanpa sekat ini, Zainal menekankan pentingnya pemanfaataan teknologi dan perangkatnya untuk menyebarkan dakwah Islam dengan cara yang menarik dan relevan bagi umat.

“Saat ini kita berada di era digital yang memungkinkan interaksi tanpa batas. Oleh karena itu, penting bagi kita, terutama generasi muda, untuk memanfaatkan teknologi ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Zainal.

Menurut Zainal, teknologi dapat menjadi alat yang powerful untuk menyebarkan dakwah Islam.

“Dengan menggunakan teknologi, kita dapat menjangkau lebih banyak orang dan menyampaikan pesan dakwah dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami,” imbuhnya.

Senada dengan Zainal, Redaktur Pelaksana Hidayatullah.or.id, Ainuddin Chalik, yang hadir sebagai narasumber, menyampaikan materi tentang teknik dasar penulisan berita.

Ainuddin menekankan pentingnya kemampuan dasar ini agar informasi yang akan disajikan dalam bentuk teks dapat direproduksi menjadi materi audio ataupun visual.

“Kemampuan dasar penulisan berita sangat penting bagi para dai di era digital ini. Dengan memahami teknik penulisan berita, dai dapat menyajikan informasi dakwah dengan cara yang lebih sistematis dan mudah dipahami,” jelas Ainuddin.

“Selain itu, kemampuan ini juga penting agar informasi dakwah yang disampaikan dapat direproduksi menjadi materi audio ataupun visual, sehingga dapat menjangkau lebih banyak orang,” tambahnya.

Pelatihan jurnalistik dakwah digital ini juga menghadirkan content creator yang menggawangi channel Ulil Albab Media (UAM), Makrifatullah, yang memberi pendampingan kepada para peserta saat menjalani praktik pembuatan video singkat yang dibagi menjadi 4 kelompok.

Pengelola channel UAM yang telah memiliki ratusan ribu subscriber ini mengarahkan para peserta bagaimana membuat video dakwah yang menarik dan efektif dengan menggunakan smartphone.

Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat membekali para mahasantri dengan kemampuan jurnalistik dakwah digital yang mumpuni, sehingga mereka dapat menjadi dai yang handal dan mampu menyebarkan dakwah Islam dengan cara yang kreatif dan inovatif di era digital ini.

Sebelumnya, dalam rangkaian kegiatan pelatihan ini dihantar oleh Instruktur Nasional Grand MBA Ustadz Muhdi Muhammad. Ia menyampaikan ihwal pentingnya membekali diri dengan skil praktis yang nantinya ini akan bermanfaat untuk diri dan umat dimana kita berkhidmat.

Menurutnya, pelatihan ini merupakan langkah yang tepat untuk mempersiapkan generasi muda Islam dalam menyebarkan dakwah di era digital.

Dia berharap, dengan dibekali kemampuan jurnalistik dakwah digital, para santri diharapkan mampu menjadi dai yang handal dan mampu menyebarkan dakwah Islam dengan cara yang kreatif dan inovatif.*/Ruslan Tanjung

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Terus Meneguhkan Dakwah Amar Makruf Nahi Munkar dalam Kehidupan

DAKWAH amar ma'ruf nahi munkar merupakan salah satu prinsip dasar dalam Islam yang menekankan pentingnya mengajak kepada kebaikan serta...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img