AdvertisementAdvertisement

BMH Gelar Upgrading Dai Tangguh Nasional Menyambut Ramadhan

Content Partner

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1445 H, Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah (Laznas BMH) menggelar kegiatan Upgrading Dai yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dai dalam menyampaikan dakwah.

Upgrading Dai Tangguh Nasional ini diselenggarakan di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah di Jakarta, 20-22 Sya’ban 1445 atau 1 hingga 3 Maret 2024.

Acara ini dihadiri oleh para dai tangguh dari 25 provinsi di seluruh Indonesia, yang turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pembaharuan dan pembelajaran teknik-teknik dakwah yang efektif.

Salah satu sesi penting dalam acara ini adalah pemaparan teknik berdakwah yang disampaikan oleh Ust. Drs. Nursyamsa Hadis, yang memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya peran seorang dai dalam menyebarkan ajaran Islam.

“Berdakwah adalah tugas bagi semua umat Islam, namun sebagai seorang dai, kita memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk menekuni dunia dakwah dengan penuh perhatian dan energi,” tutur Nursyamsa.

Ia juga menekankan pentingnya kesadaran spiritual, ketahanan mental, fokus yang tinggi, serta kemauan untuk selalu berproses dan berprasangka baik dalam menjalankan dakwah.

Menyambut bulan Ramadhan, Nursyamsa juga menegaskan pentingnya ikhlas dalam berdakwah serta tekad untuk memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.

“Dakwah harus dijadikan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” tambahnya dengan tegas.

Salah satu peserta, Furadi Mansur, seorang dai asal Bangka Belitung, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan semangat dan keterampilan komunikasinya dalam berdakwah.

Furadi berharap melalui acara ini, para dai dapat lebih efektif dalam menyampaikan pesan-pesan Islam kepada masyarakat luas.

Acara Upgrading Dai Tangguh Nasional ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang besar dalam peningkatan kualitas dakwah di Indonesia, serta mempersiapkan para dai untuk menyambut bulan Ramadhan dengan penuh keikhlasan dan semangat pengabdian kepada agama dan bangsa.

Kadep Implementor Program BMH Pusat, Syamsuddin, menilai bahwa even yang bekerjasama dengan DPP Hidayatullah ini memiliki urgensi yang sangat strategis, terutama dalam upaya ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui dakwah.

“Dakwah adalah jalan mulia yang jika dikuatkan dengan hadirnya dai yang kapabel dalam banyak sisi, terutama komunikasi dakwah tentu akan berdampak efektif juga terhadap upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,” tuturnya.*/Herim

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Meninggalkan Dakwah Amar Makruf Nahi Munkar Sebabkan Doa Tidak Dikabulkan

DAKWAH amar ma'ruf nahi munkar merupakan salah satu prinsip dasar dalam Islam yang menekankan pentingnya mengajak kepada kebaikan serta...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img