AdvertisementAdvertisement

DPW dan DMW Jawa Barat Lakukan Turda

Content Partner

BANDUNG (Hdiayatullah.or.id) — Dewan Pengurus Hidayatullah (DPW) bersama Dewan Murabbi Wilayah (DMW) Hidayatullah Jawa Barat melakukan kunjungan ke daerah-daerah (Turda) di wilayah Jabar, pada Selasa-Kamis, 9-11 Mei 2023 lalu.

Sebagimana tahun sebelumnya, Turda kali ini pun dibagi kedalam 2 tim. Tim 1 diikuti oleh Ust. Andi Ahmad Suhendar, Ust. Noval Indra Lesmana, Ust. Abdul Wakit, Ust. Dadang Abu Hamzah, Ust. Anton Al Jundi, Ust. Asep Juhana, dan Ust Ahmad Mistari.

Tim 1 mengunjungi Dewan Pengurus Daerah (DPD) Rayon Bandung Raya dan Garut (Braga) yang meliputi DPD Kabupaten Bandung Barat, DPD Kota Cimahi, DPD Kabupaten Bandung (Cisema), DPD Kota Bandung, dan DPD Kabupaten Garut. Sedangkan Rayon Timur meliputi DPD Kabupaten Tasikmalaya, DPD Kabupaten Banjar, DPD Kabupaten Majalengka, DPD Kabupaten Cirebon, DPD Kota Cirebon, dan DPD Kabupaten Indramayu.

Alhamdulillah, kegiatan Turda Tim 1 berakhir di DPD Indramayu, Jalan Ketapang, Paoman, Kecamatan Indramayu Kab. Indramayu.

Sementara Tim 2, diikuti oleh Ust. Taufik Wahyudiono, Ust. Hidayatullah, Ust. Hasby Al Faruqi, Ust. Ahmad Nur Sholeh, Ust. Fahruddin, Ust. MD Karyadi, Ust Nanang Hanani dan Dadang Kusmayadi.

Tim 2 mengunjungi DPD Rayon Tengah dan Barat yang meliputi DPD Kabupaten Karawang, DPD Kabupaten Purwakarta, DPD Kabupaten Bekasi, DPD Kota Bekasi, DPD Depok, dan DPD Kabupaten Bogor.

Alhamdulillah, kegiatan Turda Tim 2 berakhir di Pesantren Tahfidz Hidayatullah, Ciawi, Kabupaten Bogor.

Adapun sebelumnya, Tim 2 berkunjung ke Pondok Pesantren Agro Indonesia di Jalan Bojong Sari No. 14, Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Qadarullah, rencana kunjungan ke DPD Kabupaten Cianjur dan DPD Kabupaten Sukabumi belum terlaksana. Namun, laporan dari kedua DPD tersebut sudah disampaikan langsung oleh Ketua DPD Hidayatullah Cianjur, Ust. Budiman dan DPD Hidayatullah Kabupaten Sukabumi Ust. Fahruddin. Yang mana keduanya hadir di Pesantren Argo Indonesia itu.

Pesan Ketua DPW

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Jabar Ust. Taufik Wahyudiono, dalam sambutannya di hadapan pengurus daerah Karawang mengatakan bahwa program Turda ini diharapkan menguatkan rekan-rekan pengurus di organisasi.

“Kedatangan pengurus DPW dalam rangka melihat kegiatan dari dekat dan merasakan teman-teman di daerah. Kami ajak juga DMW untuk memberikan celupan spiritual dan motivasi agar tetap semangat dalam menjalankan perjuangan organisasi ini,” ungkapnya.

Menurutnya, pengurus di daerah cukup berat menjalankan roda organisasi. Banyak program tetapi terbatas dana, SDM, dan sarana. Hal itu merupakan masalah.

“Masalah karena tidak ada dana, tidak ada SDM, tidak punya sarana dan banyak lagi. Kita semua pasti ada masalah, tetapi jangan mengeluh dengan masalah. Kita harus cari solusinya,” papar Ust. Taufik.

“Rasul pun ada masalah, tetapi Allah memberi petunjuk. Karena itu, kita harus optimis, setelah ada kesusahan pasti ada jalan kemudahan. Apalagi kita tidak sendirian, kita di dalam sebuah jamaah,” ujarnya.

“Berkaitan dengan komitmen-komitmen terhadap organisasi harus segera ditunaikan karena itu wujud dari ketaatan,” pungkasnya.

Pesan Ketua DMW

Ketua Dewan Murabbi (DMW) Hidayatullah Jawa Barat, Ust. Dadang Abu Hamzah mengatakan bahwa kita di Hidayatullah sudah berkomitmen untuk berjuang dalam membangun peradaban Islam. Dan ikhtiar-ikhtiar untuk mencapainya itu butuh komitmen. Karena itu, para kader harus berusaha keras melaksanakan Gerakan Nawafil Hidayatullah (GNH).

“Ada enam hal GNH, yaitu setiap kader Hidayatullah melaksanakan shalat fardhu berjamaah dan shalat sunnah Rawatib, membaca al-Qur’an setiap hari minimal satu juz, mendirikan shalat malam, membaca wirid pagi dan petang, dakwah fardiyah, dan merutinkan infaq,” paparnya.

“Pengkaderan adalah tarbiyah, tarbiyah adalah pengkaderan dan murabbi adalah fasilitatornya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DMW DKI Ust. MD Karyadi dalam taujihnya mengajak pengurus DPD agar mampu mengembangkan potensi dirinya.

Menurut Ust. Karyadi, Allah telah menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan potensinya, bahkan membanggakan ciptaannya.

“Laqad khalaqnal insaana fii ahsani taqwiim, sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Karena itu, kita harus percaya diri dan menghargai diri sendiri,” ungkapnya.

“Cuma karena tidak tahu potensinya sehingga kita minder, malu, takut, merasa tidak bisa, dan tidak mampu, padahal semua punya potensi dan kesempatan. Kita dikasih akal dan pikiran,” ujarnya.

Adapun Ust. Noval, Departemen Organisasi DPW Hidayatullah Jabar mengatakan tujuan Turda ini untuk mempertajam garis komando dan menjalin silaturahmi di antara pengurus DPD se-Jabar. Ia mengingatkan bahwa seorang kader Hidayatullah harus menerima tugas dan melaksanakannya dengan ikhlas dan sepenuh hati.

“Harus sami’na wa atha’na, taat tanpa tapi dan tanpa ragu,” Ust. Noval menegaskan.

“Dalam mengurus organisasi juga harus sabar dan isiqamah, karena ini amanah. Karena itu, jangan tinggalkan gerakan nawafil-nya (GNH),” ujarnya.*/Dadang Kusmayadi

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Terus Meneguhkan Dakwah Amar Makruf Nahi Munkar dalam Kehidupan

DAKWAH amar ma'ruf nahi munkar merupakan salah satu prinsip dasar dalam Islam yang menekankan pentingnya mengajak kepada kebaikan serta...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img