spot_img

Hidayatullah Jaksel Gelar Upgrading Guru Rumah Qur’an

Content Partner

JAKARTA SELATAN (Hidayatullah.or.id) — Departemen Dakwah dan Tarbiyah DPD Hidayatullah Jakarta Selatan menggelar upgrading guru ngaji Pesantren dan Rumah Quran (RQ). Pelatihan yang berlangsung selama lima jam ini di ikuti perwakilan unsur RQ binaan dan Pesantren Tahfidz Fathan Mubiina (PTFM) putra-putri.

Diantara materi yang dibawakan yakni micro teaching pengajaran Iqra matode Alhidayah, pengajaran hafalan atau tahfidz dan sosialisasi halaqah rutin Guru-guru RQ dengan pembelajaran Grand MBA (Gerakan Dakwah Mengajar dan Belajar Alquran).

Ketua DPD Hidayatullah Jaksel, Muhammad Amin Insani, menyampaikan pentingnya pelaksanaan pelatihan semacam ini. Menurutnya hal ini menjadi tanggungjawab bersama dalam menyukseskan belajar mengajar di Pesantren dan Rumah Quran.

“Selain update ilmu, silaturrahim antar Guru RQ termasuk sharing pengalaman mengajar satu sama lain,” ujar Amin saat memberi pengarahan ke para Asatidz, di RQ Edensor, Perum Tanjung Mas, Sabtu, 14 Dzulqa’idah 1444 (03/06/2023).

Lebih lanjut, Amin turut mengapresiasi seluruh RQ binaan yang sudah mengirim utusan, dan mengikuti dengan antusias. Ia berharap, para peserta ini, benar-benar dapat mempratikkan materi yang disampaikan ke santri dan siswa RQ.

Tidak berhenti belajar

Sementara itu, Ustadz Afif Nur Aziz sebagai pemateri mengajak para peserta mengevaluasi motede pembelajaran dan pengajaran yang dilakukan selama ini, apakah sudah sesuai target. Ia lantas menanyakan kendala dan tantangan apa saja dalam mencapai target tersebut.

Pengurus Pusat Badan Koordinasi Pembinaan Tilawatil Qur’an (BKPTQ) ini menjelaskan sekaligus memperkenalkan metode pembelajaran Alhidayah ke para pengajar RQ.

Secara singkat metode pengajarannya sangat mudah untuk digunakan. Mengingat metode ini di setiap hurufnya memiliki warna berbeda dan nada khusus yang memudahkan dalam belajar.

“Banyak yang langsung pesan bukunya, penasaran karena mau langsung diajarkan di RQ,”ucap Afif sambil tersenyum.

Tak kalah penting Afief menekankan pentingnya para guru ini tak cepat berpuas diri, dengan demikian selalu berkenan menambah keilmunnya terutama dalam proses belajar mengajar Alquran. “Jangan berhenti belajar, apalagi ini Alquran,”pesannya ke para guru.

Upgrading sendiri, dibagi menjadi beberapa sesi, yang ditutup dengan langsung praktik setiap peserta.

Ustadzah Ragil dari RQ Nurul Hikmah mengakui coaching seperti ini sangat bermanfaat bagi para pengajar, ia bersyukur terpilih mengikuti kegiatan ini. “Sangat berarti upgrading ini dan terimakasih ilmunya ustadz,” ungkap Ragil usai mengikuti pelatihan.

Sebagaimana diketahui, kegiatan ini juga ditandai dengan sosialisasi halaqoh RQ dan launching Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (ASyKi).

Artinya setiap santri dan guru otomatis terdaftar layanan asuransi dan mendapat jaminan berupa kesehatan dan perlindungan. Adapun untuk Halaqah, seluruh RQ sepakat diadakan dua kali dalam sebulan pada hari Sabtu.*/Azim Arrasyid Sofyan

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Ketua Panitia: Terima Kasih Semua Pihak Pendukung Silatnas Hidayatullah 2023

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) – Panitia Silatnas Hidayatullah 2023 menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut mendukung suksesnya Silatnas...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img