AdvertisementAdvertisement

Islamic Medical Service bareng Prudential Syariah Baksos Kesehatan di Pesisir Jakarta

Content Partner

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) – Lembaga swadaya kesehatan nasional Islamic Medical Service (IMS) yang didukung Prudential Syariah melakukan bakti sosial (baksos) kesehatan untuk masyarakat pesisir Jakarta, tepatnya di Rumah Tahfidz Apung, Muara Kamal, Jakarta Utara, Ahad, 16 Rajab 1445 (28/1/2024).

Kegiatan program ini menyasar 120 peserta yang bertempat tinggal di sekitar lokasi baksos kesehatan.

Staf Program dan Emergency IMS, Muhammad Sathuri, mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari kolaborasi antara Hidayatullah, Prudential Syariah, dan IMS sebagai implementator, yang bertujuan untuk memberikan bantuan kesehatan kepada masyarakat pesisir.

“Kami berharap kerjasama ini terus terjalin dengan baik untuk memberikan dampak positif yang lebih besar kepada masyarakat pesisir,” ujar Sathuri dalam keteranganya.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah relawan dan tenaga medis dari IMS yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Layanan yang disediakan meliputi pemeriksaan kesehatan umum seperti medical check up (MCU) dokter, general check up (GCU) mencakup pemeriksaan lab gula darah, kolesterol, dan asam urat. Ada juga layanan konsultasi medis, serta pembagian obat-obatan secara gratis.

Selain itu, kegiatan tersebut juga melibatkan para ahli kesehatan mental untuk memberikan dukungan psikologis kepada masyarakat.

Rumah Tahfidz Apung dipilih sebagai lokasi kegiatan bakti sosial ini karena merupakan pusat aktivitas pendidikan dan keagamaan di pesisir Jakarta.

Melalui acara ini, IMS dan Prudential Syariah berkomitmen untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar, khususnya yang tinggal di daerah pesisir yang mungkin sulit mengakses layanan kesehatan.

Sathuri menambahkan, acara bakti sosial kesehatan ini tidak hanya berfokus pada pemberian layanan kesehatan, tetapi juga sebagai wujud kepedulian sosial dan kebersamaan antara berbagai pihak.

“Kami berharap kolaborasi ini terus terjalin untuk berkontribusi positif dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Sathuri menandaskan.

Antusiasme Masyarakat Pesisir

Acara ini mendapat sambutan meriah penuh antusias dari masyarakat. Rizwan, salah seorang tokoh masyarakat di Muara Kamal, mengatakan warga amat senang dengan adanya kegiatan kegiatan bakti sosial kesehatan ini.

“Saya mewakili masyarakat pesisir Muara Kamal mengucapkan banyak terimakasih kepada Prudential Syariah serta tim IMS selaku pelaksana medis dari Hidayatullah, yang telah mewujudkan program ini berjalan di sini,” kata Rizwan menutup, seraya berharap program ini bisa terlaksana secara berkesinambungan.

Dalam kesempatan yang sama, Sulaiman, Pengurus RW 1 Muara Kamal mengatakan memang di wilayahnya tak sedikit warga yang sangat rentan terhadap penyakit.

“Dengan adanya program ini, masyarakat bisa menjadi lebih baik dalam mengantasipasi penyakitnya serta bisa mengatasi minimal secara mandiri untuk bisa hidup sehat,” imbuhnya.

Kegiatan baksos kesehatan ini berjalan semarak yang dipimpin langsung oleh dr Desrita.

Pada sesi akhir dari kegiatan, dr Desrita melaporkan bahwa masyarakat pesisir Muara Kamal, Jakarta Utara, yang telah mengikuti baksos kesehatan ini paling banyak penyakit yang diidap yaitu hipertensi dan tingginya kolesterol.

“Tingginya pasien hipertensi dan kolesterol ini tidak terlepas dari pola makan yang kurang baik seperti memakan ikan asin dan lain sebagainya,” kata dr Desrita.

Karenanya, dr Desrita menyarankan dan berharap masyarakat setempat bisa lebih memperhatikan pola makan yang baik demi menjaga kesehatan bagi tubuh mereka.*/Ridho Fateh Ahmed

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Hafidz Muda Hidayatullah Sumut Ditugaskan Mengabdi Hingga Daerah Terluar

MEDAN (Hidayatullah.or.id) -- Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Sumatera Utara (Sumut) melalui Pondok Tahfidz Baitul Quran Hidayatullah Medan menggelar...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img