AdvertisementAdvertisement

Karyawan Baru Tingkat Pusat Dibekali Etos Kerja Profetik Profesional

Content Partner

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Departemen Rekrutmen dan Pembinaan Anggota (Deprema) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah menggelar One Day Training yang diikuti karyawan baru amal dan badan usaha Hidayatullah tingkat pusat di Gedung Dakwah Hidayatullah Jakarta, Sabtu, 14 Rabi’ul Awal 1445 (30/9/2023).

Ketua Deprema DPP Hidayatullah, Iwan Abdullah, menyampaikan kegiatan ini merupakan pembinaan rutin yang dilakukan yang diikuti oleh angkatan kerja baru dalam rangka taaruf kelembagaan sekaligus pembekalan berkenaan dengan kultur, budaya, dan etos kerja Islam sebagaimana teraksentuasi dalam tagline ‘profetik profesional’.

Kata Iwan, etos kerja adalah seperangkat nilai dan prinsip yang mengatur perilaku kerja seorang muslim dimana etika ini bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW. Di Hidayatullah, nilai nilai ini terangkum dalam semangat profetik dan profesional.

Profetik didasarkan pada jati diri Hidayatullah dan profesional mengacu pada manajemen moderen yang petunjuk teknisnya tertuang dalam regulasi organisasi.

Memahami saja tidak cukup mesti menjiwai dan menjadi karakter. Untuk sampai pada tingkat menjiwai dan menjadi karakter dibutuhkan mujahadah dan tahapan yang panjang.

Ada enam jati diri yang harus menjadi paradigma, yaitu; sistematika wahyu, harakah jihadiyah, imamah jamaah, ahlussunnah wal jamaah dan washatiyah (pertengahan) serta jama’ah minal muslimin.

Keenam instrumen ini harus menjadi paradigma, worldview (wawasan) dan tashawwur (konsepsi) yang tercermin pada pola pikir dan pola gerak para kader.

Kegiatan ini juga memberi pemahaman sebagai anggota Hidayatullah serta mengenalkan materi pembinaan selama menjadi anggota Hidayatullah.

Hadir sebagai pemateri Ust. Shohibul Anwar dengan materi Life Revolution, kiat mengapai kebahagian tanpa, mulai mengenal potensi diri, dan memanfaatkan untuk membangun kampung akhirat.

Kemudian Ust. Dr. Abdullah Gaffar Hadi, M. Si yang menyampakan materi taaruf Hidayatullah, sejarah Hidayatullah, visi dan misi Hidayatullah, jaringan dakwah, dan program-program utama Hidayatullah.

Lalu ada Ust. Drs. Nursyamsa Hadis yang menyampaikan materi arah Dakwah Hidayatullah, kontribusi Hidayatullah dalam dakwah , serta peran Hidayatullah dalam memberi pelayanan kepada ummat.

Sebagai penyelenggara, Ketua Deprema DPP Hidayatullah, Iwan Abdullah, menyampaikan materi pembinaan anggota, siapa anggota Hidayatullah, apa yang menjadi hak serta kewajiban sebagai anggota Hidayatullah.

Acara pembinaan ini akan dilanjutkan dengan pembinaan secara intens dalam bentuk halaqah taklim di unit masing masing dengan dan banyak materi pembinaan yang akan di siapkan.

“Semua itu bertujuan agar para karyawan di amal usaha Hidayatullah mengerti dan paham arah maksud pekerjaan untuk ibadah dalam bingkai hidup berjamaah,” tandas Iwan.

Kegiatan ini di ikuti 23 karyawan baru dari berbagai amal usaha Hidayatullah. Kegiatan ini bertujuan memberi pemahaman tentang Sejarah Hidayatullah, visi dan misi Hidayatullah, jaringan dakwah Hidayatullah, dan metodelogi dakwah Hidayatullah dalam mewujudkan visi peradaban Islam. (ybh/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

[INFOGRAFIS] Inilah 10 Tips Agar Ginjal Sehat sebagai Organ Vital dalam Tubuh

Sahabat sehat, ginjal kita adalah organ vital yang bekerja keras untuk menyaring darah dan membuang zat-zat sisa berupa racun. Yuk,...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img