AdvertisementAdvertisement

Panglima TNI Kunjungi Kampus Induk Pondok Pesantren Hidayatullah

Content Partner

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) — Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A., mengunjungi Kampus Induk Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Jumat, 27 Jumadil Akhir 1444 (20/1/2023).

Pesantren ini terletak di Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, tak begitu jauh dari wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Panglima TNI turut serta mengikuti shalat Jumat bersama seribuan warga, santri, mahasantri, serta jamaah Masjid Ar-Riyadh Gunung Tembak.

Rombongan Panglima TNI tiba sekitar pukul 12.20 WITA menjelang pelaksanaan shalat Jumat. Sesaat setelah rombongan memasuki masjid, azan Jumat pun dikumandangkan.

Berdasarkan informasi dihimpun, Panglima TNI Yudo Margono hadir didampingi sejumlah jenderal.

Panglima TNI beserta rombongan disambut langsung oleh Pemimpin Umum Hidayatullah KH. Abdurrahman Muhammad, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Balikpapan UHamzah Akbar, dan para ustadz pembina/ pengurus Hidayatullah lainnya.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut ini tampak khidmat mendengarkan khutbah Jum’at yang disampaikan oleh Habib Lukman Hakim Alatas. Ia kemudian turut melaksanakan shalat Jumat yang diimami oleh seorang hafizh pemegang sejumlah sanad Al-Qur’an, Baharun Musaddad.

Setelah melaksanakan shalat Jumat, Ketua YPPH Hamzah Akbar naik ke mimbar memberikan sambutan.

Dalam sambutannya ustadz Hamzah Akbar, demikian dikenal, merasa bersyukur atas kunjungan Panglima TNI beserta rombonga dari Markas Besar TNI ke Pesantren Hidayatullah.

“Rasa syukur kepada Allah dan berterima kasih kepada bapak Panglima TNI yang hari ini berkunjung dalam agenda rapat di Kalimantan Timur,” ucap Ketua YPPH di depan Panglima TNI dan rombongan.

Usai itu, Panglima TNI Yudo Margono tampil menyampaikan sambutannya. Di hadapan seluruh jama’ah Jumat, Panglima TNI merasa senang dan mengaku menikmati berada di Pesantren Hidayatullah.

“Senang rasanya saya bisa hadir bersama dan tentunya berada di depan adik-adik maupun anak-anak, karena ini banyak seumuran anak saya, adik-adik semua di Pesantren (Hidayatullah Gunung Tembak). Tadi saya merasa, kenapa tadi begitu saya duduk rasanya kok dingin, ternyata berada di tengah-tengah para santri. Alhamdulillah,” ucap Panglima TNI Yudo Margono yang tampil dengan seragam loreng hijau.

Ia kemudian berpesan agar santri senantiasa bersyukur dan berbesar hati dalam menuntut ilmu.

“Alhamdulillah! Adek-adek sudah berguru di sini ya tetaplah berguru dengan ikhlas ya, karena itu merupakan modal awal untuk kalian menatap masa depan. Jangan berkecil hati!,” pesannya kepada seluruh santri yang tampil dengan seragam putih-putih.

Panglima TNI itu juga mengungkapkan terima kasih kepada para sesepuh dan ustadz di Hidayatullah atas jasanya mendidik dan mengajar seluruh santri.

“Para ulama, para sesepuh yang telah membimbing para generasi muda harapan bangsa ini untuk nantinya mereka akan meniti karya mereka, akan meneruskan perjuangan para bapak,” tambahnya.

Sumbang Pembangunan Masjid Ar-Riyadh

Tak lupa, pada kesempatan itu Panglima TNI menyampaikan komitmennya untuk memberikan bantuan pembangunan Masjid Ar-Riyadh Hidayatullah Gunung Tembak.

“Saya akan sumbang Rp 500 (juta, red), nanti mudah-mudahan bisa lebih menyempurnakan masjid ini ya. Sehingga nanti segera masjid ini bisa bermanfaat untuk semuanya khususnya di pesantren ini,” sebutnya.

Usai acara di masjid, rombongan tamu beramah tamah di Kantor YPPH Balikpapan, tepat di sisi timur masjid. Panglima TNI bersama rombongannya ditemani para pengurus Hidayatullah bersantap siang bersama.

Setelah silaturahim itu, Panglima TNI dan rombongan meninggalkan Ponpes Hidayatullah Gunung Tembak pada sekitar pukul 14.07 WITA. Rombongan menuju Amborawang, Kabupaten Kutai Kartanegara, yang berbatasan dengan Kelurahan Teritip.

Sebelumnya diketahui, Kamis (19/01/2023), Panglima TNI Yudo Margono mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan tepat pukul 11.30 WITA.

Pesawat B-737 400/500 TNI AU membawanya beserta rombongan yang terdiri dari Pangkogabwilhan II, Asrenum Panglima TNI, Asintel Panglima TNI, Asops Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Aster Panglima TNI, Askomlek Panglima TNI, dan Kapuspen TNI.

Kedatangan Panglima TNI dalam rangka kunjungan kerja di wilayah Kodam VI Mulawarman.

Kunjungan Laksamana TNI Yudo Margono ke Ponpes Hidayatullah Gunung Tembak itu tepat sebulan usai dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta (19/12/2022).* (Asrijal/MCU/SKR)

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Pendidikan Integral Mencakup Juga Masalah Pentingnya Kesehatan Jasmani

SURABAYA (Hidayatullah.or.id) -- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Ust. Dr. H. Nashirul Haq, M.A, menyampaikan bahwa aktualisasi...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img