AdvertisementAdvertisement

Tantangan dan Peluang Dakwah Masa Kini di Kota Metropolitan

Content Partner

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah Ust. H. Dr. Nashirul Haq, M.A, membuka Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Hidayatullah DKI Jakarta di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah Jakarta, Cipinang Cempedak, Otista, Jakarta, Jumat, 23 Jumadil Akhir 1445 (5/1/2024).

Pada kesempatan itu Nashirul Haq mengajak untuk terus membumikan dakwah di kota metropolitan ini.

Nashirul Haq dalam sambutannya menjelaskan tantangan dan peluang dakwah di DKI Jakarta.

Dia menyebutkan, dengan jumlah penduduk mencapai 10,67 juta jiwa pada tahun 2022, dan 8,5 juta di antaranya merupakan muslim, DKI Jakarta menjadi target dakwah yang strategis.

“Harapannya, dalam forum Rakerwil ini terjadi konsolidasi, sosialisasi, dan evaluasi yang menjadi pijakan untuk menyusun program berikutnya dengan mainstream gerakan dakwah dan tarbiyah,” katanya.

Menurutnya, diantara tantangan dakwah di Jakarta terletak pada skala yang masif dengan populasi dan segala kompleksitas kota ini.

Karena itu, menyampaikan pesan pesan dakwah agar relevan dan diterima oleh semua lapisan masyarakat merupakan tantangan serius.

Seiring tantangan itu, terdapat peluang yang patut dikejar karena epadatan penduduk yang tinggi menciptakan potensi untuk mencapai banyak individu dalam satu wilayah geografis.

Demikian pula, keberagaman penduduk Jakarta juga memberikan peluang untuk menerapkan pendekatan yang lebih kontekstual dalam menyampaikan pesan dakwah dan menguatkan peran bidang bidang lainnya.

Nashirul pun mendorong agar pada forum Rakerwil ini dapat menghasilkan program program dan terobosan program yang lebih masif dan inoavtif.

“Pencapaian pencapaian sebelumnya akan dijelaskan secara kualitatif dan kuantitatif, sehingga dua tahun ke depan dalam menyelesaikan amanah dakwah di tingkat wilayah dapat maksimal,” tuturnya.

Ia menambahkan, Rakerwil III Hidayatullah DKI Jakarta ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk terciptanya program kerja yang lebih terstruktur dan tersusun rapi dalam rangka memperkuat dakwah di wilayah DKI Jakarta.*/Puji Asmoro

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Pemuda Hidayatullah Masuki Usia 24 Tahun, Teguhkan Relevansi Gerakan Ditengah Tantangan Zaman

KUALA LUMPUR (Hidayatullah.or.id) -- Pemuda Hidayatullah tengah memperingati hari jadinya yang kini berusia 24 tahun yang berdiri pada tanggal...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img