AdvertisementAdvertisement

Ustadz Mardhatillah Ungkap “5K1L” sebagai Ciri Orang Sukses

Content Partner

POLMAN (Hidayatullah.or.id) – Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Barat Ust Drs. H. Mardhatillah mengungkapkan 5K1L (dibaca: skil) sebagai ciri ciri yang dimiliki orang sukses, yaitu Karakter, Kinerja, Kompetensi, Komunikasi, Kolaborasi, dan Literasi.

Mardhatillah menjelaskan perihal ciri-ciri orang yang sukses. Yang pertama, lanjutnya, adalah karakter. Orang tua dan guru harus menanamkan kepada anak didik karakter yang dalam sendi moral dan kinerja.

“Karakter moral di dalamnya ada iman, takwa, dan kejujuran,” paparnya saat mengisi ceramah pengajian warga Hidayatullah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) yang berlangsung di Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Duampanua, belum lama ini, Ahad, 13 Rabbiul Awal 1444 (9/10/2022).

Dia menerangkan, karakter moral dimulai dari orang tua, guru dan pengasuh. Sebab mereka adalah pembimbing sekaligus juga menjadi uswah di tengah-tengah santri dan anak-anaknya.

Mardhatillah melanjutkan, ciri yang kedua adalah kinerja, yaitu memberikan pendidikan kinerja yang baik dengan barometernya adalah rajin bekerja, iklas beramal, menjaga kebersihan, termasuk mendidik dan mengajarkan hidup yang kreatif lewat latihan keterampilan dan pengembangan diri.

“Orang besar adalah senantiasa berpikir besar dan mempunyai kinerja atau karya hebat serta memberikan solusi dengan kreatifitas dan inovasi. Kenapa, supaya kedepan para santri kita unggul,” harapnya.

Ciri ketiga, lanjutnya, adalah kompetensi yang diurai dalam Empat ‘K’ (4k), yaitu ‘K’ pertama adalah Kritis. Kata dia, ciri orang sukses yaitu kritis namun juga dapat memberikan solusi.

Kemudian berikutnya, ‘K’ yang kedua adalah Kreatif yaitu para santri harus kreatif yang dimulai dari orang tua dan guru yang senantiasa menciptakan hal-hal baru dan berinovasi.

Kemudian ciri keempat adalah komunikasi. Mardhatillah mengatakan, seorang santri harus cakap dalam berkomunikasi sebab siapa yang menguasai komunikasi maka dia akan menguasai masa depan.

Dia melanjutkan ciri orang sukses yang kelima yaitu Kolaborasi. Dia mendorong para santri, pengurus, dan warga untuk terus menerus memelihara kerjasama. “Sebab hanya orang yang bisa kerjasamalah yang akan dapat meraih peluang-peluang dan keuntungan di masa depan,” tukas ketua DPW yang sudah menjabat empat periode di tiga provinsi ini.

Kemudian ciri-ciri orang yang sukses keenam, lanjutnya, adalah Literasi. Literasi dengan indikasi kultur membaca yang standar ditandai tidak sekedar minat membaca yang tinggi. “Tetapi juga harus mempunyai daya membaca yang kuat,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ustadz Mardhatillah menekankan kaitannya dengan literasi tersebut adalah bagaimana kita menguasai teknologi informasi. Sebab, jelasnya, lewat teknologi informasi maka segala persoalan dengan mudah diselesaikan.

Selain itu, dihadapan para jamaah pengajian warga dan santri beliau juga menjelaskan terkait tri konsolidasi, terkhusus konsolidasi jati diri dan organisasi.

Ustadz Mardhatillah menutup ceramahnya dengan sosialisasi hasil rapat pleno DPW Hidayatullah Sulbar serta tupoksi pendamping organisasi dan amal usaha.

Ceramah yang berlangsung satu jam lebih itu dihadiri juga para pengurus DPW, pengurus yayasan, badan pembina dan pengawas. Juga hadir pengurus mushida dan ketua-ketua unit kegiatan.*/Massiara

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Capai Tujuan Pendidikan Nasional dengan Padukan Spiritual hingga Aspek Kepemimpinan

DEPOK (Hidayatullah.or.id) -- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Ust. Dr. H. Nashirul Haq, M.A, mengatakan sistem pendidikan...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img