إنَّ الحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِيْرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلَا هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهَ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ لاَ نَبِيَ وَلَا رَسُولَ بَعْدَهُ
عِبَادَ اللّٰه، أُوْصِيْنِيِ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللّٰه، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللّٰهُ الْعَظِيمْ
Jamaah Jum’ah Rahimaniy wa Rahimakumullah
Pada hari yang mulia ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kepada Allah sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat dan karunia yang telah dilimpahkan kepada kita.
Khatib juga mengingatkan diri sendiri dan seluruh jamaah Jum’at untuk terus meningkatkan ketakwaan kepada Allah dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.
Selain itu, khatib juga mengingatkan pentingnya memohon ampun kepada Allah, karena sebagai manusia, tak ada di antara kita yang bisa menjamin dirinya terbebas dari dosa. Dalam sebuah hadits qudsi, melalui lisan suci Rasulullah SAW, Allah berfirman:
…يَا عِبَادِي إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا فَاسْتَغْفِرُونِي أَغْفِرْ لَكُمْ
“Hai hamba-Ku, kamu sekalian senantiasa berbuat salah (dosa) pada malam dan siang hari, sementara Aku akan mengampuni segala dosa dan kesalahan. Oleh karena itu, mohonlah ampunan kepada-Ku, niscaya aku akan mengampunimu! (Riwayat Muslim dari sahabat Abu Dzar)
Hadits qudsi ini mengajarkan kepada kita bahwa setiap manusia memiliki kemungkinan untuk berbuat dosa, baik di siang maupun malam hari.
Namun, pada saat yang sama, Allah membuka pintu ampunan-Nya seluas-luasnya bagi siapa saja yang memohon ampunan kepada-Nya. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Az-Zumar ayat 53:
قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِۗ اِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًاۗ اِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
“Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas (dengan menzalimi) dirinya sendiri, janganlah berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.
Hadirin jama’ah jum’ah Rahimakumullah
Selain mengharapkan keluasan ampunan Allah, ada tiga perkara yang menjadi sumber kesalahan, petaka, dan dosa yang harus dijauhi oleh kita semua sebagaimana yang dinyatakan oleh al-imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah –rahimahullahu ta’ala:
أصول المعاصي ثلاثة : الكبر و الحرص و الحسد
“Sumber segala macam dosa ada 3 yaitu; Sombong, Tamak, dan Dengki”
(Pertama, Kesombongan, yang membuat Iblis mendurhakai Tuhannya)
فالكبر جعل إبليس يفسق عن أمر ربه
Kesalahan pertama yang dilakukan oleh Iblis dihadapan Allah adalah menyombongkan diri. Allah Ta’ala berfirman;
وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَٰٓئِكَةِ ٱسْجُدُوا۟ لِءَادَمَ فَسَجَدُوٓا۟ إِلَّآ إِبْلِيسَ أَبَىٰ وَٱسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ ٱلْكَٰفِرِينَ
“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan menyombongkan diri dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.” (Al-Baqarah: 34).
Selanjutnya Allah Ta’ala menjelaskan alasan mengapa iblis menyombongkan diri, sebagaimana firman-Nya;
قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ ۖ قَالَ أَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْهُ خَلَقْتَنِى مِن نَّارٍ وَخَلَقْتَهُۥ مِن طِينٍ
“Allah berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?” Menjawab iblis “Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah”.
Iblis menyombongkan diri di hadapan Allah karena merasa dirinya lebih baik daripada Adam.
Dari kisah ini, kita dapat memahami bahwa siapa saja yang merasa dirinya lebih unggul dari orang lain—baik dalam hal ilmu, kekayaan, atau hal lainnya—hingga melampaui batas dan berujung pada kesombongan, sejatinya ia sedang mengikuti jejak iblis.
كَلَّآ إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَيَطْغَىٰٓ أَن رَّءَاهُ ٱسْتَغْنَىٰٓ
“Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas. Karena dia melihat dirinya serba cukup“
Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di menjelaskan bahwa karena kebodohan dan kezaliman, ketika manusia melihat dirinya kaya, ia sering kali bertindak melampaui batas, berbuat keji, bersikap sombong terhadap petunjuk, dan lupa bahwa pada akhirnya ia akan kembali kepada Rabb-nya.
Ma’asyiral Muslimin Rahimani wa Rahimakumullah
Ketika seseorang terjangkiti penyakit sombong, ia akan sulit menerima kebenaran dan cenderung bersikap thaghut (melampaui batas) dengan merendahkan orang lain. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits:
الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ
“Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Muslim dari Ibnu ‘Abbas).
Dalam hadits yang lain dari ‘Abdullah bin Mas’ud, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ
“Tidak akan masuk surga yaitu orang yang dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar semut kecil.” (HR. Muslim)
Hadirin jama’ah jum’ah Rahimakumullah
(Perkara Kedua, Tamak, yang mengeluarkan Adam dari Surga)
و الحرص أخرج آدم من الجنة
Allah Ta’ala mengingatkan peristiwa nabi Adam Alaihissalam dalam Al Qur’an surah al-Baqarah ayat 35:
وَقُلْنَا يَٰٓـَٔادَمُ ٱسْكُنْ أَنتَ وَزَوْجُكَ ٱلْجَنَّةَ وَكُلَا مِنْهَا رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَا وَلَا تَقْرَبَا هَٰذِهِ ٱلشَّجَرَةَ فَتَكُونَا مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ
“Dan Kami berfirman: “Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim”.
Setelah Adam dan istrinya tinggal di dalam surga, iblis datang membisikkan tipu dayanya, menyatakan bahwa apa yang Allah berikan kepada mereka belumlah cukup.
Iblis meyakinkan mereka bahwa kehidupan mereka akan menjadi sempurna jika mendekati pohon terlarang, meskipun itu berarti melanggar perintah Allah. Allah kisahkan bisikian iblis dalam Al Qur’an surah Al-A’raf ayat 20:
وَقَالَ مَا نَهَىٰكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هَٰذِهِ ٱلشَّجَرَةِ إِلَّآ أَن تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ ٱلْخَٰلِدِينَ
Dan syaitan berkata: “Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga)”.
Jama’ah sekalian yang dirahmati Allah
Merasa tidak puas dengan apa yang telah Allah berikan dapat mendorong seseorang menjadi rakus atau tamak terhadap kehidupan dunia, dan hal ini membuatnya lebih mudah terjerumus ke dalam maksiat.
Lihatlah bagaimana Nabi Adam ‘alaihis salam dan istrinya, Siti Hawa, dikeluarkan dari surga—semua itu terjadi karena mereka mendekati pohon yang telah dilarang oleh Allah.
Benarlah apa yang diingatkan oleh Rasulullah dalam hadits yang diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
لَوْ أَنَّ لاِبْنِ آدَمَ وَادِيًا مِنْ ذَهَبٍ أَحَبَّ أَنْ يَكُونَ لَهُ وَادِيَانِ ، وَلَنْ يَمْلأَ فَاهُ إِلاَّ التُّرَابُ ، وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ
“Seandainya seorang anak Adam memiliki satu lembah emas, tentu ia menginginkan dua lembah lainnya, dan sama sekai tidak akan memenuhi mulutnya (merasa puas) selain tanah (yaitu setelah mati) dan Allah menerima taubat orang-orang yang bertaubat.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala melindungi kita dari penyakit sombong dan rakus yang merupakan sumber dosa.
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
KHUTBAH KEDUA
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا
اللهم صل و سلم على هذا النبي الكريم و على آله و أصحابه و من تبعهم بإحسان إلى يوم الدين. أما بعد
فَيَاأَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللّٰهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. فَقَالَ اللّٰهُ تَعَالَى اِنَّ اللّٰهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ أٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَ سَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
Jama’ah jum’ah Rahimani wa Rahimakumullah
Kemudian berikutnya, sumber dosa dan petaka yang ketiga, menurut al-imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, adalah hasad yang menyebabkan anak Adam membunuh saudaranya.
و الحسد جعل أحد ابني آدم يقتل أخاه
Hasad adalah dengki berupa perasaan tidak senang atau iri hati terhadap keberuntungan atau kenikmatan yang dimiliki oleh orang lain, serta berangan-angan agar nikmat tersebut berpindah kepadanya.
Ketika angan-angan tersebut tidak tercapai, sifat hasad akan melahirkan dengki yang mendorong seseorang melampaui batas dan berbuat zalim terhadap orang lain.
Oleh karena itu, hendaknya setiap orang tidak mengharapkan nikmat yang Allah berikan kepada orang lain. Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an surah An-Nisa ayat 32:
وَلَا تَتَمَنَّوْا۟ مَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بِهِۦ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ
“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain.”
Demikian pula, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dengan tegas mengingatkan agar setiap orang menghindari penyakit hasad.
Meskipun sebagian ulama memperdebatkan keabsahan sanad hadits ini, matan-nya tetap digunakan karena sejalan dengan hadits-hadits shahih lainnya:
اِياَّ كُم وَالحَسَدَ فَاِنَّ الْحَسَدَ يَاْ كُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَاْ كُلُ النَّارُ الحَطَبَ
”Jauhkanlah dirimu dari hasad karena sesungguhnya hasud itu memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api memakan kayu-bakar.” (HR. Abu Dawud).
Semoga Allah senantiasa mengampuni dosa-dosa kita dan mari kita berdo’a semoga Allah menjaga kita dari perkara-perkara yang menjadi sumber-sumber dosa.
DOA PENUTUP KHUTBAH
اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فْي الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللّٰهُمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ وَعَنْ اَصْحَابِ نَبِيِّكَ اَجْمَعِيْنَ وَالتَّابِعِبْنَ وَتَابِعِ التَّابِعِيْنَ وَ تَابِعِهِمْ اِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ
اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ. اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالطَّاعُوْنَ وَالْاَمْرَاضَ وَالْفِتَنَ مَا لَا يَدْفَعُهُ غَيْرُكَ عَنْ بَلَدِنَا هٰذَا اِنْدُوْنِيْسِيَّا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلَادِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً. اللّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ. رَبَّنَا اٰتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِي الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ . وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبّ الْعَالَمِيْنَ
اللهم اغفر لنا وللمسلمين، وارحمنا وارزقنا الثبات على الدين. اللهم اجعلنا من أهل السنة والجماعة، واهدنا إلى طريق الوسطية في كل أمر من أمور ديننا ودنيانا. اللهم احفظ بلادنا وبلاد المسلمين من الفتن ما ظهر منها وما بطن، واجعلنا من الذين يستمعون القول فيتبعون أحسنه. ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار والحمد لله رب العالمين
!عِبَادَاللهِ
إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَالْمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ