AdvertisementAdvertisement

BMH Kepri Gelar “Batam Mendongeng” di 56 Sekolah, Bangkitkan Kearifan melalui Cerita Inspiratif

Content Partner

BATAM (Hidayatullah.or.id) — Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah (Laznas BMH) Kepulauan Riau (Kepri) menyelenggarakan kegiatan “Batam Mendongeng” di sebanyak 56 sekolah dasar (SD) di Batam.

Kegiatan ini ditargetkan berlangsung dari bulan Maret hingga Desember 2024 dengan tujuan untuk menumbuhkan minat belajar siswa melalui dongeng, serta menumbuhkan kepedulian mereka terhadap yatim-dhuafa dan faqir miskin.

Koordinator Markom BMH Kepri, Haidir, mengungkapkan bahwa kegiatan “Batam Mendongeng” menghadirkan seorang pendongeng nasional bernama Kak Elis, yang ditemani oleh Boneka Si Ipot dan Kak Elis, pendongeng dari Batam.

Haidir mengatakan, mereka akan berbagi cerita inspiratif kepada siswa-siswi di Batam tentang berbagai tokoh, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk membangkitkan kembali konsep pembelajaran melalui dongeng yang mulai terlupakan,” kata Haidir dalam keterangannya, Sabtu, 28 Sya’ban 1445 (9/3/2024).

“Dongeng merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang dapat menumbuhkan nilai-nilai moral dan karakter pada anak-anak,” tambahnya.

Dongeng merupakan metode pembelajaran yang efektif untuk anak-anak karena dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kreativitas mereka.

Selain itu, dongeng juga dapat membantu anak-anak untuk memahami nilai-nilai moral dan karakter dengan cara yang menyenangkan.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan minat belajar siswa dan menumbuhkan nilai-nilai moral dan karakter pada diri mereka,” ujar Haidir.

Di akhir kegiatan, para siswa akan menyalurkan sedekahnya melalui BMH untuk mendukung program pendidikan, dakwah, dan sosial kemanusiaan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian siswa terhadap yatim-dhuafa dan faqir miskin sejak dini.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan kepedulian siswa terhadap mereka yang hidupnya sedang tidak beruntung,” kata Haidir.

Kegiatan “Batam Mendongeng” mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dari pihak sekolah.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi kami,” kata Santi, salah seorang guru di SD Negeri 01 Batam.

“Melalui dongeng, siswa-siswi kami dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan sekaligus menumbuhkan nilai-nilai moral dan karakter.”

BMH Kepri mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan “Batam Mendongeng” sebagai bagian dari menunjang program pendidikan, dakwah, dan sosial kemanusiaan BMH atau menjadi relawan pendongeng di kegiatan “Batam Mendongeng”.

“Kami berharap dengan dukungan dari semua pihak, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi anak-anak kita dalam menumbuhkan kearifan ajaran Islam sejak dini, khususnya di Batam,” kata Haidir menandaskan (ybh/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img