AdvertisementAdvertisement

Dampingi Rakerwil DPW Kalteng, Nursyamsa Hadis Tekankan Kader Harus Berhalaqah

Content Partner

KOTAWARINGIN BARAT (Hidayatullah.or.id) — Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Hidayatullah Kalimantan Tengah (Kalteng) berlangsung selama dua hari di Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Acara tersebut resmi didampingi sekaligus dibuka oleh Ketua Bidang Dakwah dan Pelayanan Umat Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Ust. Nursyamsa Hadis, pada Sabtu, 15 Rajab 1445 (27/1/2024).

Dalam sambutan dan arahannya saat membuka acara, Nursyamsa Hadis menekankan pada pentingnya peran Islam sebagai penerang jalan dalam kehidupan sehari-hari.

“Islam tidak membutuhkan kita, demikian pula Hidayatullah tidak membutuhkan kita. Tetapi kitalah yang membutuhkan Islam,” ujarnya dengan tegas.

Ia juga menegaskan bahwa setiap kader Hidayatullah memiliki tanggung jawab untuk terus meningkatkan pemahaman mereka akan ilmu, iman, dan amal. Nursyamsa Hadith menekankan pentingnya berhalaqah. “Kader harus berhalaqah”, tegas beliau.

Nursyamsa menjelaskan, fungsi halaqah adalah internalisasi nilai-nilai jati diri. Menyatukan hati sesama anggota, saling taffahum sesama anggota, saling merindukan untuk bertemu. Maka organisasi akan berjalan dengan baik.

Nursyamsa menyampaikan pentingnya berhalaqah sebagai medium penempaan tersebut. “Kader Hidayatullah harus aktif berhalaqah untuk memperdalam pengetahuan agama, memperkuat iman, dan meningkatkan amal ibadah,” tambahnya.

Rakerwil Hidayatullah Kalteng yang mengangkat tema “Konsolidasi Jati Diri, Organisasi, dan Wawasan Menuju Terwujudnya Standardisasi, Sentralisasi, dan Integrasi” ini dihadiri antara lain dari unsur Dewan Pengurus Pusat (DPP), Dewan Mudzakarah (DM), Dewan Murabbi Wilayah (DMW).

Forum juga diikuti oleh unsur DPW, DPD se-Kalteng, Organisasi Pendukung (Orpen) Pemuda Hidayatullah dan Muslimat Hidayatullah Kalteng, unsur amal usaha BMH, Search & Rescue (SAR), Pos Dai dan tuan rumah Kampus Hidayatullah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Selama dua hari, peserta Rakerwil akan mengikuti berbagai kegiatan, seperti diskusi kelompok, halaqah, laporan perjalanan, dan taushiyah bakda shalat Magrib yang bertujuan untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan kualitas dakwah di wilayah tersebut.

Sementara itu, Ketua DPW Hidayatullah Kalteng, Ust. H. Muhiddin Nur Robbani, menyatakan harapannya bahwa acara ini akan memberikan kontribusi positif dalam memajukan dakwah Islam di Kalimantan Tengah.

“Kami berharap Rakerwil ini dapat menjadi momentum bagi para kader Hidayatullah untuk semakin mengeratkan persatuan, berkolaborasi, dan bersinergi dalam upaya peningkatan kualitas dakwah di wilayah ini,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Rapat Kerja Wilayah Hidayatullah Kalteng diakhiri dengan semangat kebersamaan dan tekad untuk terus berkontribusi dalam pembangunan masyarakat melalui dakwah dan pelayanan umat.*/Usamah Sudiono

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img