AdvertisementAdvertisement

Hidayatullah Konawe Hadiri Dialog Forum Umat Beragama

Content Partner

KONAWE (Hidayatullah.or.id) — Kerukunan antar umat beragama merupakan salah satu kunci terciptanya demokrasi yang aman dan damai. Karena itu, seluruh tokoh agama dan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) diharapkan mampu untuk menjadi penyejuk dan memberi pencerahan kepada masyarakat untuk terus saling menghargai serta menghormati antar sesama pemeluk agama, terutama dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Drs. H. Yakub Akbar Moita, Ketua FKUB Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat menjadi narasumber dalam Dialog Forum Umat Beragama bertema “Meneguhkan dan Menjaga Kerukunan Umat Beragama, untuk Mensukseskan Pemilu Serentak 2024” yang diselenggarakan oleh Kantor Kesbangpol Kabupaten Konawe, Jumat, 12 Syawwal 1443 H (13/5/2022).

Di hadapan 35 orang peserta yang merupakan para pengurus FKUB, pimpinan ormas, pengurus pesantren, dan tokoh lintas agama tersebut Yakub juga menjelaskan, salah satu tahapan pemilu yang sangat rentan menimbulkan bibit permusuhan yang berakibat pada pemilu yang tidak damai dan aman, adalah kampanye.

Oleh karena itu, jelas Yakub, pada masa-masa kampanye, peran para tokoh agama menjadi sangat penting dalam meredam potensi perpecahan yang mungkin terjadi dalam tahapan ini.

Yakub juga menjelaskan bahwa, idealnya dalam tahapan ini para peserta pemilu dapat mengkondisikan pihaknya dengan cara tidak melakukan kampanye jahat dan kampanye hitam (black campaign), menghindari model kampanye yang provokatif baik verbal, visual, dan fisik.

Yakub juga menekankan menjauhi perasaan intimidatif dan koruptif yang dijadikan alat untuk mengendalikan masyarakat pada pilihan-pilihan tertentu.

“Damai tak cukup dideklarasikan, damai harus dibuat (menjadi) nyata. Kedamaian pemilu akan terwujud jika kampanye benar-benar jadi ajang edukasi politik untuk adu gagasan dan program,” tukas Yakub.

Pada akhirnya Yakub pun berpesan agar para tokoh agama dan pengurus FKUB dapat terus aktif menumbuhkan rasa kebangsaan diantara umat beragama agar terwujud Pemilu yang damai.

Sejurus dengan itu, Muh. Azwar, S.Sos., M.Si. Ketua KPU Konawe yang juga menjadi pemateri dalam dialog tersebut mengapresiasi peran serta FKUB dalam memberikan pencerahan kepada umat beragama agar bersama mewujudkan sukses pemilu pada tahun 2024 nanti.

Dalam sesi diskusi Ust. La Bihanas, S.Pd selaku Sekretaris DPD Hidayatullah Konawe mengharapkan agar kegiatan seperti ini lebih intens digelar, terutama agar dapat menghadirkan ketua-ketua partai politik dalam diskusi bersama menciptakan kondusifitas semasa pemilu.*/Noer Akbar

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Manifesto Masjid Nabi dalam Perkuat Arus Dakwah Berbasis Pengembangan Masyarakat

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) -- Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah bekerjasama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitul Karim Gedung Pusat Dakwah...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img