AdvertisementAdvertisement

“Jangan Takut Industri 4.0”

Content Partner

MALANG (Hidayatullah.or.id) — Pimpinan Umum Hidayatullah, Ustadz Abdurrahman Muhammad, berpesan kepada para pandu Hidayatullah yang tengah berkemah di Coban Rondo, Malang, Jawa Timur, “Jangan takut dengan industri 4.0.”

Ini diungkapkan Ust Abdurrahman Muhammad pada hari kedua Jambore Nasional Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Pandu Hidayatullah, 27 September 2019. Jambore ini berlangsung selama 4 hari, diikuti hampir 4 ribu pelajar sekolah-sekolah Hidayatullah perwakilan dari seluruh Indonesia.

Industri 4.0 yang konon bakal menggilas banyak peran manusia, kerap menimbulkan kegelisahan, terutama kaum muda. Mereka khawatir tak mampu lagi bersaing, bahkan tersisihkan oleh arus kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat. Teknologi tak lagi menjadi solusi, malah menimbulkan masalah. Namun, bagi pemuda Islam, hal itu hendaklah disikapi dengan benar.

“Al ‘Alaq (surat ke 96 dalam al-Qur’an) harus mengantarkan pada keyakinan yang kuat bahwa yang akan memberi solusi dari semua permasalahan yang sulit hanyalah Allah,” kata Ust Abdurrahman Muhammad.

Jika iman sudah kuat, maka manusia tak akan dihinggapi lagi dengan ketakutan menjalani hidup. Pada saat itulah, kata Ust Abdurrahman Muhammad, Allah Ta’ala akan memberikan ilmu kepada manusia.

“Jadi bertakwalah kepada Allah. Jangan khawatir, nanti Allah akan kasih ilmu,” jelas Ust Abdurrahman Muhammad lagi.

Pada kesempatan terpisah, saat berceramah di Sekolah Pemimpin, Al Izzah, Malang, Jawa Timur, 27 September 2019, Ust Abdurrahmam Muhammad kembali mengingatkan para santri akan pentingnya ilmu.

“Tidak cukup menjadi orang baik saja, jika tak punya ilmu untuk mengatur kehidupan. Begitu juga sebaliknya, tidak cukup memiliki ilmu untuk mengatur kehidupan, jika tak punya sumber kebaikan, yakni iman.”*/Mahladi

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Rekonstruksi Peradaban Islam Pasca Ramadhan: Menjemput Kejayaan dari Syawal

RAMADHAN, bulan penuh berkah dan ampunan, telah sepekan lebih meninggalkan jejak takwa dalam sanubari kita. Takwa bagaikan benih yang...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img