AdvertisementAdvertisement

Program Lumbung Ternak BMH Mudahkan Berqurban Berkualitas sesuai Syariah

Content Partner

BANTEN (Hidayatullah.or.id) – Dalam rangka menyambut Idul Adha 1444 Hijriyah atau Lebaran Qurban, Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah (Laznas BMH) hadir dengan program bertajuk “Bukti Nyata Kebaikan”.

Dalam pada itu, BMH menggulirkan program Lumbung Ternak. Menurut Humas BMH Pusat Imam Nawawi, program Lumbung Ternak BMH hadir dilatari oleh idealisme untuk memenuhi tersedianya hewan kurban yang berkualitas, sesuai syariah.

Dia menyebutkan, program ini telah berlangsung sejak 2020, tersebar di 4 titik, seperti Baduy Lebak, Jasinga Bogor, Gunungkidul Yogyakarta, dan Noemuke di Kabupaten TTS, NTT.

Hal ini karena Qurban di BMH selalu memberikan dampak kebaikan yang nyata, bagi masyarakat pedalaman, peternak pelosok, dan para santri yatim piatu di seluruh Indonesia.

“Bahkan BMH ikut menggerakkan dakwah pencerahan secara langsung para dai tangguh di pedalaman dan perbatasan serta kepulauan Indonesia,” kata Humas BMH Pusat Imam Nawawi dalam keterangannya disela sela Konferensi Pers Qurban Bukti Nyata Kebaikan di Lebak, Banten, Sabtu, 21 Dzulqa’idah 1444 (10/6/2023).

Pada kesempatan tersebut hadir Direktur BMH Supendi, tokoh literasi bangsa Maman Suherman, dan tokoh agama muallaf Suku Baduy Lebak.

Untuk itu, lanjut Imam, Qurban di BMH akan membantu pemerintah menggerakkan roda ekonomi, dan menghidupkan kehangatan sosial masyarakat.

“Serta menghadirkan pemenuhan kebutuhan gizi bagi masyarakat pedalaman yang umumnya dalam setahun, hanya makan daging saat tiba hari Idul Adha,” imbuhnya.

Dengan jaringan di 34 provinsi BMH merupakan lembaga yang tepat jadi mitra kaum Muslimin yang ingin berqurban dengan memberikan bukti nyata kebaikan berupa kebahagiaan kepada sesama nun jauh di sana, yang tak ada listrik, yang sangat jarang memakan daging dan tentu saja yang hidup dalam segenap keterbatasan.

Lebih jauh Imam menjelaskan hadirnya program Lumbung Ternak BMH juga didorong oleh kiprah BMH selama ini, yang setiap tahun menyalurkan ribuan hewan kurban ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara dengan penerima manfaat mencapai ratusan ribu jiwa.

“Momentum Idul Adha tidak saja memudahkan orang yang ingin berqurban, tetapi juga memberi dampak pemberdayaan, maka Lumbung Ternak ini BMH hadirkan sebagai wadah bersama meningkatkan ekonomi peternak di pelosok-pelosok,” katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, skill peternak meningkat, ekonomi bergerak, dan hewan yang mereka pelihara akan jadi hewan qurban yang memudahkan umat Islam menjalankan sunnah di hari Idul Adha.

Program Lumbung Ternak BMH mendapat dukungan positif dari PT Paragon dan UPZ Bank DKI. Sinergi ini telah menghadirkan program Lumbung Ternak berjalan dengan baik sampai sekarang dan semoga terus berkelanjutan.

Melalui kesempatan ini BMH memastikan bahwa pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) diarahkan pada pemberdayaan secara ekonomi bagi masyarakat pelosok dan pedalaman.

“Sebagaimana poin dalam pembangunan berkelanjutan (SDGs) bahwa kita perlu memberikan pekerjaan yang layak untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kata yang lain, lanjutnya, Program Lumbung Ternak menjawab kebutuhan hewan kurban sekaligus membuka kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh.

“Sisi yang tak kalah penting, dimana ada program Lumbung Ternak di sana pembinaan moral dan peningkatan skill dalam beragam program upgrading BMH lakukan bersama dai-dai pedalaman, yakni mereka yang kita sebut dai tangguh BMH,” tandasnya.

YACONG B. HALIKE

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Menjangkiti Anak Muda Usia 15-35 Tahun, Inilah Fakta tentang Penyakit Jantung

SAHABAT sehat, jantung adalah organ vital yang memompa darah ke seluruh tubuh, bisa disebut sebagai pusat kehidupan. Namun, penyakit jantung...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img