AdvertisementAdvertisement

Raihan Audit Mutu 9001:2015 BMH Balikpapan Tingkatkan Kualitas Kinerja Lembaga

Content Partner

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) — Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah (Laznas BMH) yang berkomitmen dalam pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) dengan nilai-nilai syariah, telah meraih keberhasilan dalam melaksanakan audit mutu internal ISO 9001:2015.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya terus-menerus BMH untuk menjaga profesionalisme dan kualitas kerja sesuai dengan peraturan, regulasi, dan standarisasi manajemen modern. Pada tanggal 25 Januari lalu, audit mutu internal dilakukan di kantor Perwakilan BMH Kaltim di Balikpapan.

Auditor internal dari Lembaga Penjamin Mutu (LPM) BMH Pusat, Jakarta, memimpin audit tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh kepala perwakilan dan seluruh jajaran manajemen BMH Perwakilan Kaltim.

Kepala Perwakilan BMH Kaltim, M. Rofiq, menjelaskan bahwa audit mutu internal dilakukan secara berkala sebagai bagian dari upaya peningkatan kinerja dan performa lembaga.

“Kami melakukan audit mutu internal setiap semester, atau dua kali setahun, sementara audit mutu eksternal dilakukan setiap tahun. Agenda ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan performa lembaga secara berkelanjutan,” ujar M. Rofiq dalam keterangannya, Senin.

Kata Rofiq, tujuan utama dari audit mutu internal ini adalah untuk menelusuri implementasi prosedur mutu yang telah ditetapkan oleh lembaga.

Selain itu, audit ini bertujuan memastikan bahwa sistem manajemen yang diterapkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menurut Rofiq, hasil audit ini tidak hanya membantu manajemen dalam pengambilan keputusan yang tepat, tetapi juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas lembaga.

Selain itu, audit membantu memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan, serta mengidentifikasi risiko dan memberikan saran tindakan mitigasi.

Keberhasilan BMH Kaltim dalam audit mutu internal ini menunjukkan komitmen mereka dalam menjalankan amanah masyarakat dengan standar tinggi, memberikan kepercayaan kepada para donatur dan penerima manfaat.

“Dengan terus menjaga kualitas kinerja, BMH semakin menjadi pilihan yang terpercaya dalam pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah,” imbuhnya. (ybh/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Rapimnas SAR Hidayatullah Kukuhkan Jatidiri sebagai Potensi Pencarian dan Pertolongan Nasional

BULUKUMBA (Hidayatullah.or.id) -- Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Search and Rescue (SAR) Hidayatullah 2024 digelar di Bulukumba, Sulawesi Selatan, 20-22...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img