AdvertisementAdvertisement

Silaturrahim Majelis Ormas Islam Bahas Isu Kebangsaan Terkini

Content Partner

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Sebanyak 11 ketua umum dan pimpinan ormas tergabung di Majelis Ormas Islam (MOI) bersilaturahim membahas isu keumatan dan kebangsaan yang digelar di kantor Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis), Jalan Bambu Wulung, Cipayung, Jakarta Timur, Jakarta, Rabu, 11 Dzulqa’idah 1444 (31/5/2023).

Dalam silaturrahim tersebut, Ketua Umum PP Persis KH. Dr. Jeje Zaenudin, M.Ag, sebagai tuan rumah menyampaikan ucapan terima kasihnya atas atensi semua pimpinan ormas yang tergabung di MOI untuk menghadiri undangan silaturahmi di kantor PP Persis Jakarta yang baru diresmikan pada bulan November tahun 2022 lalu.

“Tentu dengan silaturahmi ini akan banyak manfaat, terutama sharing informasi tentang isu-isu keumatan dan kebangsaan,” kata Jeje Zaenudin.

Diantara isu keumatan dan kebangsaan terkini yang dibahas adalah terkait agenda rutin kebangsaan lima tahunan, mulai dari pilpres, pileg, dan pilkada.

“Bagaimana ormas ormas Islam mampu berperan aktif dalam mengawal pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil, rukun, dan damai,” tuturnya.

Kedua, lanjutnya, isu tentang peran ormas Islam di tingkat nasional dalam program pembangunan, pengembangan dan pemberdayaan umat di sektor pendidikan, dakwah, ekonomi, hingga politik dan hukum.

“Yang ketiga adalah bagaimana memperkuat kelembagaan MOI sebagai forum silaturahim, koordinasi, dan kerja sama antar ormas dengan merumuskan program program bersama,” jelas Jeje seperti dilansir laman resmi Persis.

Pada kesempatan tersebut setiap ketua dan pimpinan ormas menyampaikan pandangan dan usulan berbagai program strategis bersama.

Mereka juga menyepakati pentingnya komitmen untuk menyediakan waktu dalam pertemuan pertemuan rutin bulanan secara bergiliran di kantor pusat ormas anggota MOI.

Selain PP Persis, hadir pada pertemuan tersebut DPP Hidayatullah, MA, PP Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), PP Alwashliyah, PP Ikatan Dai Indonesia (IKADI), PP Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti), PP Wahdah Islamiyah, PP Mathlaul Anwar, PP Persatuan Ummat Islam (PUI), dan Pesantren Al-Fatih Kaffah Nusantara (AFKN).

Adapun PP Al Irsyad Al Islamiyah dan PP Syarikat Islam berhalangan hadir. Acara diakhiri dengan shalat magrib dan makan malam dengan menu khas Papua.*/Muhammad Fadhlullah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Jambore Sako Pramuka Hidayatullah Sumatera Utara Torehkan Sejarah Baru

MEDAN (Hidayatullah.or.id) -- Bertempat di Bumi Perkemahan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, terukir sejarah baru bagi Sako Pramuka...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img