AdvertisementAdvertisement

Tak Hanya Bekal Rohani, Siapkan Juga Jasmani Menuju Bulan Ramadhan

Content Partner

KEBUMEN (Hidayatullah.or.id) — Kemeriahan menyambut bulan Ramadhan tahun ini terasa di berbagai penjuru negeri, termasuk di Pesantren Hidayatullah Kebumen.

Pada Sabtu, 14 Sya’ban 1445 (24/2/2024), masjid Darul Iman pesantren tersebut diramaikan dengan gelaran “Sehat Sambut Ramadhan” dengan tema “Raih Kemuliaan Ramadhan dengan Thibbunnabawi”.

Kegiatan ini diikuti oleh santri putra SMP Integral Hidayatullah Kebumen dan segenap kader di amal usaha Yayasan Al-Iman Pesantren Hidayatullah Kebumen.

Antusiasme terpancar dari raut wajah para peserta yang ingin mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan dengan kondisi jasmani yang prima.

Ketua panitia kegiatan, Muslim, menyampaikan bahwa tujuan utama “Sehat Sambut Ramadhan” adalah membekali para santri dan Asatiizah pengetahuan dan praktik hidup sehat.

“Kesehatan jasmani menjadi kunci utama dalam memaksimalkan ibadah, terutama di bulan Ramadhan yang penuh dengan amalan istimewa,” katanya.

Sebagai narasumber utama, Andi Prapta Mulya, Ketua Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI) Kebumen, hadir untuk berbagi ilmu tentang pola hidup sehat dan seimbang.

Andi menekankan pentingnya mengamalkan pola hidup sehat dan seimbang berdasarkan Sunnah Rasulullah SAW untuk menunjang tumbuh kembang para santri dan menjaga kesehatan Asatiiz di usia produktif maupun dewasa.

Lebih istimewa lagi, kegiatan “Sehat Sambut Ramadhan” kali ini juga menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para peserta.

Acara juga diiringi dengan rekomendasi pola hidup sesuai diagnosa awal kondisi kesehatan, diharapkan para santri dan Asatiizah dapat menerapkan kebiasaan hidup sehat secara lebih personal dan konsisten.

“Semangat menyambut Ramadhan dengan jiwa dan raga yang sehat ini sejalan dengan salah satu tujuan utama pesantren, yaitu mencetak generasi Qur’ani yang berwawasan luas dan berakhlak mulia,” katanya.

Dengan tubuh yang bugar dan mental yang kuat, para santri dan Asatiizah siap menyambut bulan Ramadhan dengan penuh semangat dan optimisme, serta meraih kemuliaan-Nya dengan optimal.

Diharapkan “Sehat Sambut Ramadhan” menjadi langkah awal yang positif dalam membangun kebiasaan hidup sehat di lingkungan pesantren. Kebiasaan ini tidak hanya bermanfaat untuk menyambut bulan Ramadhan, tetapi juga menjadi bekal berharga untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat dan berkualitas di masa depan.

Muslim menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya dari komitmen Pesantren Hidayatullah Kebumen dalam memberikan pendidikan holistik bagi para santrinya. Bukan hanya ilmu agama yang ditekankan, tetapi juga kesehatan jasmani dan rohani yang menjadi perhatian utama.

“Mari jadikan Sehat Sambut Ramadhan sebagai inspirasi untuk menyambut bulan suci dengan penuh persiapan dan optimisme,” pesan Andi, seraya berpesan bahwa dengan tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat, kita siap meraih kemuliaan Ramadhan dan menjadi pribadi yang lebih baik di mata Allah SWT.*/Yusran Yauma

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Ekspedisi Kemanusiaan SAR – BMH Bawa Bantuan ke Tengah Banjir Weda

TERNATE (Hidayatullah.or.id) -- Semangat ekspedisi kemanusiaan begitu terasa di Ternate, Maluku Utara, Pagi ini, Rabu, 18 Muharam 1446 (24/7/2024)....
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img