AdvertisementAdvertisement

Kabupaten Kampar Tuan Rumah Halaqah Muharram Hidayatullah se-Riau

Content Partner

KAMPAR (Hidayatullah.or.id) — Kabupaten Kampar menjadi tuan rumah acara Halaqah Muharram Hidayatullah digelar Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Provinsi Riau yang dihadiri dai perwakilan dari berbagai daerah di provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning ini.

Kegiatan yang digelar selama 2 hari mengangkat tema “Meneguhkan Jati Diri Menuju Suksesnya Peradaban Masyarakat yang Islami”. Tuan rumahnya adalah Kabupaten Kampar, atau tepatnya berlangsung di komplek Sekolah Dai Hidayatullah Riau, Kecamatan Tambang, Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, dibuka Rabu, 29 Muharam 1445 (16/8/2023).

Pada kesempatan ini hadir narasumber Dewan Murabbi Wilayah (DMW) Hidayatullah Riau yaitu Ust. Ahmad Bachtiar AR, Ust. Ali Imron (Cik Meron) dan Ust. Hasan Salim.

Paparan ketiga narasumber menyajikan benang merah yang pada kesimpulannya menekankan pentingnya penguatan peran keumatan.

Peran itu dibarengi pemantapan kualitas secara terus menerus baik spiritual, intelektual, efeksi, maupun kecakapan kepemimpinan dengan berlandas pada nawaitu yang luhur karena Allah Ta’ala semata.

Narasumber mengajak agar para peserta yang turut hadir dalam acara tersebut agar memiliki jati diri seperti seorang pemimpin, sebagaimana disinyalir dalam Al Quran surah Surah Az-Zariyat ayat 56 dan surah Al Baqarah ayat 30 bahwa jatidiri seseorang dimuka bumi ini adalah sebagai hamba (Abdullah) dan pemimpin/ penjaga (khalifatullah).

“Bagaimana cara seseorang bisa menimbulkan atau memicu jati diri tersebut, salah satunya dengan cara berlatih berpikir untuk memikirkan orang banyak,” kata Cik Meron.

Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk berlatih tersebut. Cik Meron menjawab, yakni ketika kita sedang bersujud serta turut menyertakan isi kepala kita untuk bersujud di hadapan Allah Ta’ala.

“Dan jatidiri seperti inilah yang harus diaplikasikan di dalam kehidupan kita sebagai individu maupun organisasi,” imbuhnya menandaskan.

Konsolidasi Dakwah

Ketua Panitia Kegiatan Robi Setiawan mengatakan kegiatan halaqah Muharram ini selain untuk silaturrahim guna memantapkan konektifititas gerakan yang selama ini telah terjalin, momentum ini juga dimanafaatkan untuk melakukan konsolidasi dakwah serta menyerap siraman rohani yang disuguhkan.

“Allah mengatakan bahwa yang tidak merugi itu adalah orang yang beriman kepada-Nya. Maka dengan Halaqah Muharram ini menjadi momentum untuk kita lebih dekat dan taat kepada Allah agar memudahkan kita dalam menjalankan dakwah ini, khusunya dakwah di Riau,” kata Robi.

Dengan melalui medium halaqah muharam ini, lanjut Robi, hal ini diharapkan semakin menjadikan ukhuwah semakin erat dan kokoh.

“Harapannya adalah dengan Halaqah Muharram ini semoga Allah selalu memberikan kita keistiqomahan dalam jalan dakwah, menguatkan barisan, dan menjadikan Hidayatullah Riau semakin dirasakan manfaatnya sebagai salah satu ormas yang membangun peradaban Islami,” katanya.

Salah seorang hadirin, Muhammad, berharap silaturrahim seperti ini terus terjalin denga baik untuk saling menopang dan menguatkan. “Adanya acara Halaqah Muharram ini kita bisa saling bertukar pengalaman dan mempererat tali silaturahmi kita sebagai kader Hidayatullah,” tandasnya.

Selain dihadiri oleh Ketua DPW Hidayatullah Provinsi Riau Ust. Suheri Abdullah beserta jajarannya, acara ini dihadiri juga perwakilan badan dan amal usaha lainnya seperti Ketua Posdai Riau Ust. Muhammad Ihsan Taufik, Ketua Laznas BMH Kantor Perwakilan Riau Muhammad Tauhid, dan sejumlah unsur lembaga lainnya dan organisasi pendukung. (ybh/hio)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Sosialisasi PDO dan PO, Hidayatullah Bali Komitmen Kuatkan Jamsoskad Perlindungan Janda Kader

DENPASAR (Hidayatullah.or.id) -- Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Provinsi Bali menggelar sosialisasi pemantapan pemahaman terhadap Pedoman Dasar Organisasi (PDO)...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img