AdvertisementAdvertisement

Kunjungan Luar Negeri, Ketum Pemuda Hidayatullah Silaturrahim dengan OKP di Filipina

Content Partner

COTABATO (Hidayatullah.or.id) — Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pemuda Hidayatullah, Rasfiuddin Sabaruddin. S.Sy, MIRK., tiba di Filipina. Pada kunjungan ini Rasfiuddin berkesempatan bersilaturrahim dengan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) di negeri Lumbung Padi di Asia Tenggara tersebut.

Tour Rasfiuddin ini dalam rangka membersamai program program dakwah dan safari Ramadhan mulai 23 Maret -14 April 2023 yang bertajuk “SEA (South East Asia) Loves Al Quran”.

SEA Loves Al Quran sendiri adalah program pemberangkatan musyrif oleh DPP Hidayatullah dibawah Departemen Hubungan Antarbangsa untuk tugas dakwah di kawasan Asia Tenggara dan Jepang selama Bulan Ramadhan.

Para santri dan musyrif akan ditempatkan di berbagai daerah di Jepang, Thailand, Kamboja, Vietnam, Filiphina dan Timor Leste.

Di Filipina, Rasfiuddin berkunjung ke Cotabato, sebuah provinsi di pedalaman Filipina yang terletak di kawasan Soccsksargen, Mindanao.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Rasfiuddin yang diutus sebagai Team Advance, melakukan kunjungan ke beberapa organisasi kepemudaan Islam Filipina.

Diantara OKP itu adalah Al-Jalis As-Salih (The Good Companion), salah satu lembaga swadaya masyarakat serta organisasi pengabdian pemuda dan dakwah nirlaba yang ada di Kota Cotabato, Filipina.

Al-Jalis As-Shalih sendiri adalah organisasi yang membawahi berbagai organsasi kepemudaan Islam di Filipina, yang beranggotakan para profesional muda, ulama muda, mahasiswa, yang memiliki tujuan utama mempromosikan jalan persaudaraan Islam.

Saat ini, Al-Jalis As-Salih telah memiliki beberapa cabang yang berdiri di lima kota di Filipina, yaitu; Kota Iligan, Kota Marawi, Kota Cotabato, Kota Pagadian, dan Kota Tawi-Tawi.

Selama beberapa tahun terakhir, Al-Jalis As-Shalih aktif melakukan berbagai program Islam bagi pemuda seperti simposium, kunjungan panti asuhan, kuliah khusus, seminar, pekan olahraga, program buka puasa, mabit, dan berbagai kegiatan lainnya.

Rasfiuddin pada kesempatan kunjungan silaturrahim tersebut disambut langsung oleh pengurus harian Al-Jalis As-Shalih Cotabato diantranya Amirto A. Agao, LPT (Secretary). Hadir juga Atty. Mohamad-Ali S. Midtimbang Jr., CPA (Finance Officer), Amenodin M. Samporna (BOD Member).

Kebetulan pada saat pertemuan tersebut Engr. Datu Shariff Pagayao (President, Al-Jalis As-Salih (The Good Companion) Inc. Cotabato City Chapter), dan Jan Areef G. Mascud (Vice President), sedang berada di luar kota.

Dalam keterangannya, Rasfiuddin, menyampaikan bahwa tujuan kunjungan perdananya, selain untuk bersilaturahim sebagai sesama organisasi pemuda Islam, ia juga berharap dapat bertukar kabar tentang program-program yang bisa dikerjsamakan.

“Banyak program Al-Jalis As-Salih yang serupa dengan Program yang dilakukan Pemuda Hidayatullah”, katanya dalam keteranganya seperti dilansir laman Pemuda Hidayatullah, Ahad, 4 Ramadhan 1444 (26/3/2023).

Ia juga mengatakan akan menindaklanjuti silaturrahim kali ini dengan program-program bersama.

“InsyaaAllah akan kami tindaklanjuti silaturrahim ini, di waktu-waktu mendatang, dengan program-program real yang dapat dikerjasamakan” ujarnya.

Semoga langkah awal ini dapat membuka jalan kerjasama dengan Pemuda islam diberbagai belahan dunia lainnya.*/Refra Elthanimbary

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Mengapa Allah Tak Menolong Gaza?

DITENGAH rentetan peristiwa mencekam yang sedang dialami keluarga kita di Gaza dan juga terjadi di tempat lain pada umat...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img