AdvertisementAdvertisement

Pemimpin Umum Hidayatullah Ajak Jalankan Pancasila dengan Baik

Content Partner

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) — Pemimpin Umum Hidayatullah KH. Abdurrahman Muhammad mengajak umat Islam untuk menjalankan Pancasila dengan baik di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk menjalankannya dengan baik, maka, kata Pemimpin Umum Hidayatullah, umat Islam mesti memahami Pancasila dan memahami hal-hal terkait Indonesia dengan baik.

Ajakan itu secara khusus disampaikannya untuk warga Hidayatullah di manapun berada.

“Warga Hidayatullah harus memahami ke-Indonesia-an,” ujar Pemimpin Umum pada acara penutupan Rapat Pleno LPJ 2022 dan Program Kerja 2023 YPPH Balikpapan di Kampus Induk Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis, 26 Jumadil Akhir 1444 H (19/01/2023) pagi.

Menurut Pemimpin Umum Hidayatullah, lima sila yang tertuang dalam Pancasila selaras dengan nilai-nilai ajaran Islam. Mulai dari sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, hingga sila kelima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Menurutnya, di antara contoh pelaksanaan Pancasila yang baik adalah penegakan hukum sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Misalnya, katanya, jika ada pencuri atau pelaku kejahatan, maka ditangkap dan diadili secara adil. Pelaku kejahatan, katanya, mestinya dihukum lewat pengadilan. “Dibawa ke meja hijau. Jangan dihakimi sendiri,” tegasnya.

Hal itu kata dia merupakan contoh pelaksanaan sila kedua Pancasila yaitu “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” dan sila kelima.

Penegasan Pemimpin Umum Hidayatullah terkait Pancasila dan NKRI berulang kali disampaikan dalam berbagai kesempatan, baik acara-acara yang bersifat internal Hidayatullah maupun bersifat publik. Termasuk dalam pelaksanaan Jambore Wilayah Sako Pramuka Hidayatullah Kalimantan Timur di IKN, Penajam Paser Utara, beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Rapat Pleno YPPH Balikpapan 2023 digelar pada Senin hingga Kamis (16-19/01/20223). Mengusung tema “Konsolidasi Jati Diri, Organisasi, dan WawasanMenuju Terwujudnya Standardisasi, Sentralisasi, dan Integrasi Sistemik”.

Rapat Pleno dihadiri Ketua Umum DPP Hidayatullah Ust. H. Dr. Nashirul Haq, para Pembina dan Pengawas YPPH Balikpapan, Ketua YPPH Hamzah Akbar, serta para pengurus yayasan lainnya.*/Muhammad Abdus Syakur

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Sosialisasi PDO dan PO, Hidayatullah Bali Komitmen Kuatkan Jamsoskad Perlindungan Janda Kader

DENPASAR (Hidayatullah.or.id) -- Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Provinsi Bali menggelar sosialisasi pemantapan pemahaman terhadap Pedoman Dasar Organisasi (PDO)...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img