AdvertisementAdvertisement

RQ 9 Dimensi Semarakkan Silatnas dengan Lomba Tulis Khot Naskhi Usmany, Inilah Pemenangnya!

Content Partner

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) — Dalam rangka turut menyemarakkan gelaran Silaturrahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah, Rumah Qur’an (RQ) 9 Dimensi Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah Surabaya menggelar acara Perlombaan Tulis Surah Al Fatihah Khot Naskhi Usmany di arena Silatnas, Kampus Ummulqura Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Teritip, Balikpapan, Kaltim, Jum’at, 10 Jumadil Awal 1445 (24/11/2023).

Perlombaan ini diikuti oleh tamu peserta penggembira Silatnas baik putra dan putri usia SMP, SMA, dan Dewasa yang berlangsung disela sela rangkaian agenda Silatnas.

Anggota Dewan Murabbi Pusat (DMP) Hidayatullah, Ust. Drs. Mohamad Nur Fuad, MA, yang didapuk memberikan sambutan pengarahan dalam pembukaan perlombaan mengapresiasi kegiatan ini.

“Pelaksanaan event ini tentu berguna sebagai pendorong agar seseorang berperilaku kreatif, cinta menulis al-Qur,an dan menghidupkan sunnah menulis al-Qur’an sebagaimana perintah Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam kepada para sahabatnya,” katanya.

Ia menjelaskan, menulis Al-Qur’an dan ilmu Khath sebagai warisan peradaban Islam yang menakjubkan.

Karenanya, beliau berharap hal ini terus menerus dirawat dan dikembangkan dari masa ke masa agar memberi ruang kepada generasi muslim untuk menumbuhkan daya kreativitasnya.

“Ini agar generasi muslim untuk menumbuhkan daya kreativitasnya yakni daya cipta sebagai kemampuan menghasilkan karya seni menulis indah dan menghidupkan sunnah Nabi,” ungkapnya.

Lebih jauh Nur Fuad menilai perlombaan ini juga memberikan kesempatan kepada pelajar, mahhasiswa, dan masyarakat muslim untuk aktualiisasi diri dalam menulis al-Qur’an dan ilmu khat.

Perlombaan ini berlangsung khidmat yang diikuti dengan peraturan diantaranya waktu yang disediakan adalah selama 90 menit, peserta menggunakan spidol kaligrafi yang telah disediakan panitia atau menggunakan pena kaligrafi sendiri, dan khat yang digunakan adalah khath naskhi materi surat Al Fatihah.

Dari penilaian Dewan Juri, perlombaan ini berhasil mencatatkan sejumlah nama pemenang. Berikut ini nama nama pemenangnya:

Kategori Pemula SMP SMA Putri
Juara I : Salwa Larasati Abbas (Hidayatullah Maluku Utara)
Juara II : Hanienul Haq (Hidayatullah Samarinda)
Juara III : Atia Nuranjumi Daen (Hidayatullah Maluku Utara)

Kategori Pemula Dewasa Putri
Juara I : Zahidah Azzah Faizah (Hidayatullah Lamongan)
Juara II : Halima Tinggapi (Hidayatullah Maluku)
Juara III : Sudarwati (Hidayatullah Surabaya)

Kategori Pemula Dewasa Putra
Juara I : Hadi Wiryana (Ummul Qura Hidayatullah Balikpapan)
Juara II : Aris A. Fillah (Hidayatullah Tulungagung)
Juara III : M. Shoffa (Hidayatullah Surabaya)

(ybh/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Rekonstruksi Peradaban Islam Pasca Ramadhan: Menjemput Kejayaan dari Syawal

RAMADHAN, bulan penuh berkah dan ampunan, telah sepekan lebih meninggalkan jejak takwa dalam sanubari kita. Takwa bagaikan benih yang...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img