AdvertisementAdvertisement

Semangat Bela Palestina Ditumpahkan dalam Gairah Kerja Bakti Ratakan “Bukit”

Content Partner

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) — Menjelang gelaran Silatnas Hidayatullah 2023 Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak di Balikpapan terus melakukan berbagai persiapan. Menariknya dalam beberapa hal, pekerjaan besar itu menggunakan tenaga manusia dalam wadah kerja bakti.

“Hari ini kita meratakan “bukit” di belakang Kantor WKP dengan semangat membela Palestina. Ternyata dengan izin Allah dalam tempo satu jam kerja bakti ini mencapai target maksimal, rata medan,” ungkap Ustadz Abdul Latif Usman, salah seorang senior Pesantren Hidayatullah Balikpapan, Selasa, 23 Rabi’ul Akhir 1445 (7/11/2023).

Usai kerja bakti para santri dan warga yang bekerja bakti mendapatkan potongan semangka yang segar dan nikmat.

“Masya Allah, free, free, free, Palestine. Mantap ini semangka, teringat kita dengan suadara kita di Palestina,” teriak Ustadz Abdul Rasyid Ridha.

“Buah semangka ini memberikan semangat dan kesegaran bagi kami yang baru saja usai kerja bakti. Kami mendukung Palestina merdeka,” sambung Ketua BEM STIS Hidayatullah, Abror.

Warga dan santri Hidayatullah Balikpapan langsung melakukan aksi kerjabakti selepas wirid pagi di masjid. Di antara mereka masih ada yang menggunakan pakaian sholat seperti baju koko, bahkan sarung. Namun semangat tetap membara dalam kerja bakti.

Semangka belakangan menjadi viral sebagai simbol perlawanan kepada kebrutalan Israel terhadap Palestina belakangan ini.

Dalam sejarah semangat pertama kali hadir menjadi simbol negara Palestina setelah Perang Enam Hari pada 1967 – ketika Israel bertempur dengan negara-negara tetangga, termasuk Mesir, Suriah, dan Yordania.

Kala itu, pemerintah Israel melarang pengibaran bendera Palestina di muka umum dalam perbatasannya untuk menutupi nasionalisme Palestina dan Arab.

Namun, pada akhirnya warga Palestina menggunakan buah semangka yang mereka potong menjadi segitiga. Alasannya jelas, yakni karena menyerupai bendera mereka yang mengandung warna-warna merah, hitam, putih dan hijau. (min/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Sosialisasi PDO dan PO, Hidayatullah Bali Komitmen Kuatkan Jamsoskad Perlindungan Janda Kader

DENPASAR (Hidayatullah.or.id) -- Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Provinsi Bali menggelar sosialisasi pemantapan pemahaman terhadap Pedoman Dasar Organisasi (PDO)...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img