AdvertisementAdvertisement

Delegasi OIC-CA 2023 Kunjungi Kampus Induk Hidayatullah Balikpapan

Content Partner

Delegasi Organization Islamic Cooperation Cultural Activity (OIC-CA) 2023 menonton atraksi dari cabang olahraga pencak silat, panahan, berkuda dan pramuka turut ditampilkan menyambut delegasi dari negara-negara Organisasi Kerja sama Islam di Pesantren Hidayatullah Balikpapan. (Foto: Yayan/kemenpora.go.id)

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) — Delegasi Organization Islamic Cooperation Cultural Activity (OIC-CA) 2023 mengunjungi kampus induk/ pusat kultural Hidayatullah di Pondok Pesantren Hidayatullah Pusat Gunung Tembak, Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, 23 Dzulhijah 1444 (11/7/2023).

Atraksi dari cabang olahraga pencak silat, panahan, berkuda dan pramuka turut ditampilkan menyambut delegasi dari negara-negara Organisasi Kerja sama Islam ini.

Di antara agenda OIC-CA 2023 di Ponpes Hidayatullah yaitu melaksanakan shalat ashar berjamaah di Masjid Ar-Riyadh. Para delegasi juga berkesempatan menyaksikan langsung kegiatan keislaman di ponpes seluas 138 hektare itu.

Dari beberapa kegiatan itu, diantaranya menyaksikan penampilan dan atraksi kepramukaan, pencak silat, berkuda, dan panahan dari para santri di lapangan dan tepi danau Ponpes Hidayatullah. Ponpes Hidayatullah pun menyambut baik dan penuh suka cita atas agenda tamu resmi kenegaraan tersebut.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah Ust. H. Nashirul Haq yang turut langsung menyambut delegasi tamu dari berbagai negara itu menyampaikan selamat datang kepada para delegasi OIC-CA 2023 di Ponpes Hidayatullah. Ia pun bangga Hidayatullah mendapat kesempatan menjamu tamu kenegaraan.

“Kami sampaikan selamat datang kepada para delegasi OIC-CA 2023 dari negara-negara Islam di dunia di Pondok Pesantren Hidayatullah dalam rangka kegiatan Islam dan kebudayaan,” kata Nashirul.

Nashirul menyampaikan, Ponpes Hidayatullah fokus dengan dakwah dan tarbiyahnya dengan berkolaborasi dan menjalin rekanan baik dengan pemerintah dan semua elemen bangsa.

“Hidayatullah juga memiliki organisasi kepemudaan yang memiliki hubungan nasional yang siap untuk bergabung dengan pendakwah dari belahan dunia, seperti OIC ini,” tambahnya.

Pelaksanaan OIC-CA 2023 terselenggara atas kerja sama pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) dan beberapa kementerian/lembaga terkait lainnya.

“Menjadi kebanggaan dan kebahagiaan kami para delegasi OIC-CA 2023 dapat hadir di Islamic Center Hidayatullah yang indah di Balikpapan, Kaltim, Indonesia ini,” ujar Director of Cultural Affairs Department OIC-CA Alhoucine Rhazoui seperti dilansir laman Kemenpora.

Untuk diketahui OIC menjadi organisasi terbesar kedua setelah PBB. OIC memiliki 57 negara Islam sebagai anggotanya. Alhoucine Rhazoui mengatakan OIC memiliki tugas untuk mempromosikan nilai-nilai Islam ke seluruh dunia.

“Jadi kita sangat senang bisa berada disini. Ketika kita berada di Jakarta beberapa hari sebelumnya kita juga mengunjungi Masjid Istiqlal dan juga mengunjungi Gereja Katedral yang berada di seberangnya melalui terowongan khusus yang disediakan,” urainya.

Pada kesempatan itu Rhazoui juga menyampaikan delegasi memiliki kesempatan mengunjungi Budhist Center di Samarinda yang menunjukkan toleransi yang luar biasa di Indonesia dan saling bantu sama lain untuk bencana alam dan sebagainya.

“Di Indonesia kita bisa melihat beberapa agama berbeda, moderasi, berjalan beriringan. Terima kasih banyak kepada masyarakat Indonesia atas keramah- tamahan ini,” tambahnya.

“Pengalaman yang luar biasa indah ini tentang negara yang indah dan orang-orangnya yang ramah akan kami bawa ke negara kami masing-masing. Akan kami sampaikan kepada anak, istri, tetangga, teman dan semua orang melalui sosial media kami agar semua tahu negara seindah Indonesia ini yang menjadi negara muslim terbesar di dunia. Dan Islam ada ditengahnya,” tandasnya.

Tentang OIC-CA

Sebagaimana diketahui, OIC-CA pertama kali diadakan pada tahun sebelumnya di Uganda. Pada agenda kedua, tahun 2023 ini OIC-CA dilaksanakan di dua provinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta dan Kalimantan Timur (Kaltim) pada 7-14 Juli 2023.

Perhelatan internasional OIC-CA adalah Kegiatan Kebudayaan (Organization Islamic Cooperation-Cultural Activity/OIC-CA) di Indonesia yang digelar Organisasi Kerja sama Islam (OKI).

Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan dengan tema “Embracing Diversity and Advancing Harmony for the Brighter Future Society”. Kegiatan OIC-CA sendiri diselenggarakan setiap tahun sejak 2004. Penyelenggaraan tahun 2023 akan diselenggarakan di DKI Jakarta dan Kalimantan Timur.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tujuh hari, pada 7-14 Juli 2023, dengan prioritas area OIC mencakup: Budaya Baru dan Globalisasi; Kewirausahaan Sosial, Budaya dan ekonomi Kreatif; dan Peningkatan Kapasitas Pemuda dalam Menghadapi Kemajuan Teknlogi. Penyelenggaraan kegiatan merupakan kerjama Kemenko PMK; Kemenpora; Kemenlu; Pemprov DKI; Pemprov Kaltim; OIC Indonesia dan OIC Youth Indonesia.

Anggota OIC-CA terdiri dari 56 negara dan akan hadir delegasi resmi OIC-CA berjumlah 112 orang. Setiap negara anggota OIC akan mengirimkan 1 delegasi perwakilan pemerintah dan 1 delegasi perwakilan pemuda.*/Yacong B. Halike

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Halal Bihalal Akbar di Tarakan, Silaturrahim dan Kepedulian Bersatu untuk Palestina

TARAKAN (Hidayatullah.or.id) -- Pemerintah Kota Tarakan bekerja sama dengan organisasi masyarakat (ormas), komunitas, dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Tarakan...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img