AdvertisementAdvertisement

Orangtua Wajib Mendidik Anak-anaknya dengan Dasar Ilmu Agama

Content Partner

CIREBON (Hidayatullah.or.id) — Ketua Departemen Pembinaan Keluarga dan Pendidikan Anak Usia Dini Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah Ust Endang Abdurrahman menekankan bahwa setiap orangtua muslim memiliki kewajiban untuk mendidik anak anaknya dengan dasar dasar ilmu agama.

Menurut Endang, setiap orangtua harus berusaha bahkan berpayah payah untuk menjadi suami yang shalih shalehah sehingga itulah kelak yang akan menjadi bekal bagi anak anaknya. Sebab, terang dia, anak akan meneladani kedua orang tuanya karena tabiat anak memang cenderung untuk meniru apa-apa yang ada di sekitarnya.

“Di dalam al-Qur-an, banyak ayat yang menjelaskan bagaimana orangtua mendidik anak-anaknya. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah doa orangtua untuk anaknya,” kata Endang saat menjadi pengisi materi dalam acara Kajian Parenting bertema “Mengelola Sikap dan Harapan Orangtua” di komplek Yayasan Manarussalam Pondok Pesantren Hidayatullah Cirebon, Jawa Barat, belum lama ini, Ahad, 6 Rabbiul Awal 1444 (2/10/2022).

Dia menegaskan, yang tak kalah penting adalah doa orangtua untuk kebaikan anak anaknya. Praktik pendidikan dan bimbingan akan semakin kokoh manakala diiringi dengan doa sebab hanya Allah SWT yang berkuasa dan Maha Menguasai setiap manusia termasuk anak anak.

“Doa adalah senjata seorang muslim, karena itu, para orangtua penting mendoakan yang terbaik untuk anak-anaknya,” ujarnya.

“Doa orangtua itu diijabah oleh Allah,” imbuh Endang melanjutkan yang menukil hadits Rasululah Shallallahu’alaihi wa sallam dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu yang diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Sunan-nya no. 6619 dan dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah bahwa ada tiga doa yang tidak tertolak: [1] doa orang tua (kepada anaknya) [2] orang orang yang berpuasa, dan [3] doa orang yang sedang safar”.

Kegiatan ini, menurut Ustadz Qomaruddin, M.Pd, ketua Yayasan Manarussalam dihadiri oleh orangtua murid mulai dari tingkat Day Care, TKIT Yaa Bunayya, TKII Al-Maslicha, DTA Baitussalam, SD Integral Luqman Al-Hakim, MTs Sains Al-Hadid, dan MA Luqman Al-Hakim.

Sementara itu, menurut Ustadz Fahrur Rozi, S.E, selaku ketua Departemen Dakwah Pondok Pesantren Hidayatullah Cirebon, kegiatan pembinaan orangtua murid ini rutin dilakukan.

“Silaturahim dengan orangtua murid ini merupakan kewajiban pihak pesantren dalam rangka peningkatan pengetahuan dan pembinaan, sehingga terjalin hubungan yang baik dan harmonis,” ujar Fahrur Rozi.

Salah seorang wali murid, Eka, yang hadir pada acara tersebut sangat antusias menyimak kajian parenting ini. “Kami senang sekali dengan adanya kegiatan pembinaan orangtua ini. Saya bawa rombongan keluarga dengan mobil elf agar bisa hadir di kegiatan pembinaan ini,” ungkapnya.*/Mistari

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

FGD Mushida Perkuat Pola Pembinaan Ditengah Dinamika dan Tantangan Zaman

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) -- Ayat suci Al-Qur'an Surah Ali Imran ayat 104 mengingatkan umat tentang pentingnya menyeru kepada kebajikan, menyuruh...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img