AdvertisementAdvertisement

Pentingnya Tanamkan dan Amalkan Nilai-nilai Pancasila

Content Partner

PENAJAM (Hidayatullah.or.id) – Anggota DPRD Kaltim Baharuddin Muin mengatakan penting untuk senantiasa menanamkan dan mengamalkan nilai nilai Pancasila sebagai falsafah berbangsa bernegara pada setiap generasi dimana muatannya juga sarat dengan ajaran Islam.

“Empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UU 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika harus terus digalakkan dan ditanamkan sejak dini kepada generasi muda, sebagai bekal dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa ke depan,” kata Baharuddin.

Hal itu disampaikan Baharuddin saat mengisi materi acara sosialisasi wawasan kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Hidayatullah, Jalan Silkar Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, Ahad, 12 Rabbiul Akhir 1444 (6/11/2022).

Di hadapan puluhan santri, dia menyampaikan tentang pentingnya menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai bentuk kecintaaan terhadap bangsa, dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan.

“Alasan kenapa sosialisasi kebangsaan dilakukan di pondok pesantren agar selain mendapatkan pelajaran sebagaimana kurikulum para santri juga lebih memahami tentang kecintaan terhadap bangsa dan menghormati perbedaan sebagai kekayaan yang harus senantiasa dijaga,” harapnya.

Dia menerangkan, mudahnya akses informasi dan telekomunikasi memberikan dampak positif dan negatif, sebab itu pihaknya meminta agar generasi muda mewaspadai paham yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan kita sebagai anak bangsa.

“Bijak dan tetap waspada dalam menerima dan menyebarkan informasi telebih di media sosial yang belum tahu kebenarannya. Utamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi juga bagian dari pengamalan nilai pancasila,” sebutnya.

Sosialisasi kebangsaan ini akan rutin dilaksanakan, sebagai bentuk kepedulian terhadap bangsa dan sekaligus amanat presiden untuk terus mengampanyekan dan memberikan pemahaman terhadap empat pilar kebangsaan.

Pada kesempatan tersebut turut hadir pengurus Pesantren Hidayatullah Penajam Ust. Mursyid M. Salbu yang dalam sambutannya menungkapkan berbagai upaya dan kiprah Hidayatullah di dalam membangun negeri ini yang bersinergi dengan berbagai pihak

Dia juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Anggota DPRD Kaltim Baharuddin Muin beserta rombongan yang telah hadir di kampus Pondok Pesantren Hidayatullah, Jalan Silkar Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim.*/Ahmad Syadzili

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Rekonstruksi Peradaban Islam Pasca Ramadhan: Menjemput Kejayaan dari Syawal

RAMADHAN, bulan penuh berkah dan ampunan, telah sepekan lebih meninggalkan jejak takwa dalam sanubari kita. Takwa bagaikan benih yang...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img