AdvertisementAdvertisement

Public Expose BMH, Teguhkan Bukti Nyata Kebaikan Zakat

Content Partner

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Menyambut semarak ibadah Ramadhan 1444, Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah (Laznas BMH) menggelar Public Expose Ramadhan 1444H berajuk “Bukti Nyata Kebaikan” di Sofyan Hotel, Tebet, Jakarta, Kamis, 24 Sya’ban 1444 (16/3/2023).

Direktur BMH Pusat Supendi dalam keterangannya mengatakan Public Expose BMH dalam rangka menyamut Ramadhan ini sebagai momen untuk meneguhkan bukti nyata kebaikan zakat.

Dia menjelaskan, tema “Bukti Nyata Kebaikan” dipilih karena dua alasan utama. Pertama, pada tahun 2022, bersama Laznas BMH umat Islam telah hadirkan begitu banyak kebaikan, meski kala itu suasana pandemi masih menyelimuti negeri.

Kedua, tahun 2023 sekalipun pandemi telah pergi, namun Indonesia masuk ancaman resesi yang banyak menjadikan ekonomi berbagai negara dalam kondisi lesu, bahkan mungkin gelap.

“Sukses tahun 2022 dan tahun sebelumnya, mendorong kita melanjutkan program guna mengisi tahun 2023 dengan kebaikan yang lebih konkret, lebih luas dan tentunya berkelanjutan,” Suspendi.

Diakui Suspendi kehadiran BMH yang sudah tersebar di 34 provinsi dengan 118 kantor layanan di Indonesia akan memudahkan para muzzaki untuk menyampaikan zakat, infaq dan sodakohnya melalui BMH. Terlebih saat ini BMH tidak hanya membuka saluran ZIS secara konvensional tetapi juga menggunakan aplikasi digital.

Menurutnya luasnya jaringan ini bukan semata-mata kepentingan himpunan. Perluasan jaringan BMH merupakan bagian dari upaya bagaimana keberkahan kebaikan zakat bisa menyentuh, bisa menjangkau para mustahik di berbagai pelosok Nusantara.

Dengan segala kemudahan dan perluasan jaringan pembayaran ZIS BMH, Suspedi optimis bahwa BMH akan terus bertumbuh.

“Insyaallah, kami targetkan pertumbuhan 12 persen atau 315 miliar dari tahun sebelumnya,” lanjutnya.

BMH sendiri memiliki core program BMH pada dakwah dan pendidikan dengan 4 program utama yaitu dakwah, pendidikan, ekonomi dan sosial kemanusiaan.

Bukti Nyata Kebaikan

Dalam konteks inilah “Bukti Nyata Kebaikan” yang telah ditorehkan secara sinergi dan kolaborasi pada tahun 2022 dan tahun-tahun sebelumnya penting menjadi kesadaran, spirit dan gerakan kolaboratif untuk mengisi tahun 2023 dengan kebaikan yang lebih konkret, lebih luas dan lebih berkelanjutan.

Upaya ini Laznas BMH hadirkan dengan melakukan public expose yang dirangkai dengan literasi zakat dengan mengundang pihak-pihak kompeten untuk menajamkan literasi umat akan peran strategis zakat.

Dalam acara ini hadir, beberapa narasumber diantaranya Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Tarmizi Tohor; Deputi Penghimpunan Baznas, Arifin Purwakananta; Maman Suherman, penulis best seller Indonesia; Ketua Pengurus Laznas BMH, Firman; dan Direktur Utama Laznas BMH, Supendi,

Dalam public expose kali ini Laznas BMH juga akan memberikan laporan secara terbuka kepada publik perihal kiprah dan kinerja Laznas BMH selama ini. Mulai dari laporan keuangan, annual report, hingga program yang berlangsung pada Tahun 2022 dan yang akan diusung pada Tahun 2023, terutama pada bulan suci Ramadhan.

Pada kesempatan tersebut diberikan apresiasi dan penghargaan kepada mitra zakat atas kiprah kolaboratifnya dalam meluaskan manfaat zakat hingga pelosok guna mengokohkan peran sentral Laznas BMH dalam kiprah dakwah, mitigasi bencana, dan pendidikan, utamanya di titik-titik pedalaman NKRI.*/Yacong B. Halike

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

SAR Hidayatullah Peserta Uji Kompetensi Water Rescue sebagai Potensi Basarnas Gorontalo

GORONTALO (Hidayatullah.or.id) -- Lembaga Relawan Kemanusiaan Search and Rescue (SAR) Hidayatullah sebagai bagian dari potensi Badan Nasional Pencarian dan...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img