AdvertisementAdvertisement

Laznas BMH Bangun MCK dan Sanitasi Pesantren Rahmatul Ulum di Pulau Sabuntan

Content Partner

SUMENEP (Hidayatullah.or.id) — Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah (Laznas BMH) kembali kuatkan peran dan kiprahnya mengembangkan kehidupan masyarakat pesisir.

Terbaru, Laznas BMH membangun MCK dan sanitasi untuk kehidupan santri di Pesantren Rahmatul Ulum di Pulau Sabuntan, Sumenep, Jawa Timur.

Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Jatim, Imam Muslim, menyebutkan sekalipun telah berdiri sejak 2015, pesantren ini belum memiliki sarana MCK dan sanitasi yang memadai.

“Jadi selama ini mereka mandi dalam kamar mandi yang terbuat dari sekatan terpal plastik saja. Posisinya juga di ruang terbuka. Sementara untuk kebutuhan MCK, mereka harus menyusuri hutan bakau di tepian pantai,” terang Imam Muslim dalam keterangannya kepada media ini, Ahad, 19 Jumadil Awal 1445 (3/12/2023).

Namun, kini 102 santri di pesantren tersebut tidak lagi harus seperti dahulu. Bantuan BMH berupa pembangunan MCK dan sanitasi menjadi solusi atas permasalahan yang selama ini mereka alami.

“Terimakasih kepada BMH yang telah memberikan bantuan yang sangat kami butuhkan untuk kesehatan dan kelangsungan pendidikan adik-adik santri di sini,” ungkap pengasuh pesantren, Ustadz Sumardi.

Sebagai informasi, Pulau Sabuntan berada cukup jauh dari Kota Sumenep. Tim BMH harus menyeberangi lautan dengan kapal selama 23 jam.

Mayoritas penduduk di Pulau Sabuntan bekerja sebagai nelayan dengan rata-rata ekonomi menengah ke bawah.*/Herim

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

Menembus Awan Apatisme, Menyalakan Api Optimisme Ditengah Badai Kehidupan

TAK ADA surga dalam kehidupan dunia. Artinya tak ada orang hidup tanpa masalah, beban ataupun ujian. Namun itu tak...
- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img