AdvertisementAdvertisement

Rakerwil Bengkulu Ketum Tekankan Kolektifitas, Sinkronisasi dan Koordinasi Gerakan

Content Partner

BENGKULU (Hidayatullah.or.id) — Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah Ust. H. Nashirul Haq Marling, MA, hadir membersamai kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Hidayatullah Provinsi Bengkulu selama 3 hari yang dibuka pada Sabtu, 1 Rajab 1445 (13/1/2023).

Dalam arahannya sekaligus membuka acara tersebut, Nashirul menekankan perlunya kerja kerja kolektif dengan terus melakukan peningkatkan koordinasi gerakan dan sinkronisasi antaranggota organisasi guna mengoptimalkan pelaksanaan program-program Hidayatullah secara efektif.

“Kehadiran unsur DPD, Organisasi Pendukung, amal usaha dan badan usaha dalam Rakerwil ini dalam rangka terbangunnya kerjasama secara kolektif, sinkronisasi dan koordinasi demi terlaksananya program kerja DPW yang disepakati,” katanya.

Sementara, katanya melanjutkan, Dewan Pengurus Pusat sebagai pendamping bertugas untuk memastikan bahwa seluruh keputusan dan kebijakan yang diambil dalam Rakerwil sejalan dengan hasil keputusan Sidang Pleno, Musyawarah Majelis Syura serta kesepakatan Rapat Kerja Nasional 2023 yang lalu.

Sebagaimana biasa, Rapat kerja wilayah merupakan agenda tahunan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) yang dihadiri oleh seluruh anggota Dewan Pengurus Wilayah, unsur Dewan Murobbi Wilayah (DMW), unsur Dewan Pengurus Daerah (DPD), dan unsur Organisasi Pendukung (Pengurus Wilayah Pemuda dan Pengurus Wilayah Muslimat).

Rakerwil juga dipesertai oleh unsur amal usaha tingkat wilayah (seperti BMH Perwakilan, Pondok Pesantren-Kampus Madya, Pos Dai, SAR, dll), juga badan usaha, serta unsur Dewan Pengurus Pusat.

Ia menjelaskan, selain menetapkan program kerja, Rapat Kerja Wilayah juga momen yang tepat untuk melakukan evaluasi tahunan agar kekurangan dan kekhilafan pada tahun berjalan dapat diperbaiki di tahun berikutnya.

Setelah pelaksanaan Rakerwil ini, Nashirul mendorong agar seluruh DPD, amal usaha dan badan usaha dapat menuangkan lebih lanjut dalam program kerja terperinci, terukur, dan dapat dinilai secara kuantitatif.

“Kita juga harus meyakini bahwa segala bentuk karya yang dihasilkan, kinerja yang dicapai, dan prestasi yang diraih semuanya akan dinilai dan diberi ganjaran oleh Allah Ta’ala, bahkan disaksikan oleh Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam dan orang-orang beriman kelak di akhirat,” katanya, seraya menyitir Al Qur’an surah At-Taubah ayat 105.

“Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan,” nukilnya.

Ia menegaskan pentingnya kolektifitas, sinkronisasi, dan koordinasi gerakan dalam menjalankan program organisasi. Beliau menyampaikan bahwa keberhasilan Hidayatullah dalam mencapai tujuan-tujuannya diantaranya sangat tergantung pada sinergi dan kerjasama yang baik antaranggota.

Momentun Rakerwil juga membahas strategi implementasi program, peningkatan kapasitas anggota, serta upaya untuk lebih terlibat dalam pemberdayaan dan layanan masyarakat.

Selain itu, ada pula sesi pembahasan tentang upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan dakwah di tengah masyarakat.

Ketua DPW Hidayatullah Bengkulu, Ust. Ahmad Suhail, menyampaikan dari Rakerwil ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas dan semangat bergerak bersama demi kemajuan organisasi ke depan.

Menurutnya, dengan musyawarah dan kolaborasi yang lebih erat, diharapkan Hidayatullah mampu memberikan kontribusi positif yang lebih besar dalam menjalankan program mainstream dakwah dan tarbiyah yang lebih baik.

Apresiasi Mitra Zakat

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah (Laznas BMH) Kantor Perwakilan Bengkulu kepada sebanyak 4 Mitra Zakat (MZ) yang selama ini menjadi mitra kerja dalam pengembangan layanan di kawasan itu.

Penyerahan piagam disaksikan langsung oleh Ust. H. Nashirul Haq Marling, MA yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina BMH.

Kepala Kantor Laznas BMH Bengkulu, Mohammad Irwan, menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada empat Mitra Zakat yang telah berperan aktif dalam mendukung misi Laznas BMH di wilayah tersebut.

“Apresiasi ini adalah bentuk pengakuan atas kerjasama yang erat dan kontribusi yang luar biasa dari para Mitra Zakat dalam pengembangan layanan dan program BMH di Bengkulu. Kami berharap piagam penghargaan ini dapat menjadi semangat tambahan untuk terus berkhidmat dan berkolaborasi dalam memberikan manfaat bagi umat,” ungkap Mohammad Irwan.

Empat Mitra Zakat yang mendapatkan penghargaan ini telah terlibat dalam berbagai kegiatan kemanusiaan, termasuk program-program sosial, pendidikan, kesehatan, dan bantuan ekonomi bagi masyarakat yang membutuhkan. Keberhasilan pelaksanaan program ini tidak terlepas dari dukungan penuh dan kolaborasi yang baik antara Laznas BMH dan Mitra Zakat.

Irwan berharap bahwa apresiasi ini tidak hanya sebagai bentuk penghormatan atas kinerja para Mitra Zakat, tetapi juga sebagai dorongan positif agar semakin banyak pihak yang terlibat dalam kegiatan amil zakat dan berkontribusi dalam mengembangkan dan memberdayakan umat. (ybh/hidayatullah.or.id)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Indeks Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Baca Terkait Lainnya

- Advertisement -spot_img